Sukses

Pertandingan WGM Irene Sukandar dan GothamChess Disiarkan via Twitch

WGM Irene Sukandar mengumumkan pertandingannya melawan GothamChess akan dilakukan pada 31 Maret 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Woman Grand Master Irene Sukandar dipastikan bakal melangsungkan pertandingan melawan GothamChess hari ini, 31 Maret 2021.

Dikutip dari akun Instagram Irene, Rabu (31/3/2021), pertandingan bertajuk Blitz Battle ini akan digelar pada pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini akan disiarkan langsung di akun Twitch Irene Sukandar dan GothamChess.

Blitz Battle sendiri merupakan pertandingan catur dengan durasi cepat. Dengan kata lain, waktu yang diperlukan bagi pemain untuk berpikir dan mengambil langkah lebih singkat ketimbang permainan normal.

Berdasarkan informasi dari situs Chess.com, pertandingan Blitz di platformnya memiliki waktu kontrol sekitar tiga hingga lima menit untuk tiap pemain. Pertandingan Bliz juga menjadi yang paling populer di platform tersebut.

WGM Irene Sukandar sebelumnya baru saja melawan Dadang Subur alias Dewa Kipas. Pertandingan itu ditayangkan secara online di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Permainan itu pun menyedot perhatian publik, bahkan ditonton oleh lebih dari 1 juta warganet. Tak pelak, komentar warganet pun bertubi-tubi memenuhi kolom komentar pertandingan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tembus 1 Juta Penonton

Pada menit-menit awal babak pertama, GM Irene Sukandar terlihat telah memenangi babak pertama permainan dengan bidak catur warna putih. Sementara, Dadang Subur alias Dewa Kipas menggunakan bidak catur warna hitam.

"Kita sudah memecahkan rekor live saat ini dengan jumlah penonton lebih dari 1 juta penonton," kata Deddy Corbuzier sebagai orang yang menginisiasi pertandingan catur online sekaligus sang pemilik kanal YouTube.

3 dari 3 halaman

Akun Dewa Kipas Diblokir Chess.com

Pertandingan catur online antara Dadang Subur alias Dewa Kipas dengan Irene Sukandar bermula dari kasus diblokirnya akun orang Indonesia dengan nama Dewa_Kipas di platform Chess.com. Dewa_Kipas merupakan akun milik mantan pecatur profesional Indonesia, Dadang Subur.

Penyebab pemblokiran Dewa_Kipas diduga karena akun tersebut mengalahkan gamer catur terkenal di dunia Levy Rozman alias GothamChess.

Informasi ini pertama dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Ali Akbar yang merupakan putra pemilik akun Dewa_Kipas.

Berdasarkan keterangan Ali, pertandingan catur dilakukan dengan durasi 5 menit. Kata Ali, saat itu sang ayah tengah main catur di platform Chess.com dan bertemu dengan Gotham Chess.

Ali menjelaskan, Gotham Chess alias Levy Rozman adalah pecatur internasional sekaligus YouTuber dengan subscriber lebih dari 700.000.

"Waktu Bapak gue tanding, disiarkan Live di Twitch, ditonton ribuan orang. Bapak gue menang, para penonton Twitch ngambek. Mereka menuduh bapak gue curang," tulis akun Ali Akbar di akun Facebook.

Karena penonton marah, Ali mengatakan para penonton melakukan report massal akun Dewa_Kipas. Selanjutnya, akun milik orang Indonesia itu pun kena blokir.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini