Sukses

Takjub, File JPG Ini Terjual Seharga Rp 992 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah file JPG yang dibuat oleh seniman digital bernama Beeple terjual dengan harga fantastis, yaitu USD 69,3 juta atau sekitar Rp 992 miliar di balai lelang Christie.

Mengutip New York Times via Gamerant, Selasa (16/3/2021), alih-alih merupakan satu karya seni, file JPG yang berjudul "Everydays--The First Five Thousands Days" ini berisikan 5.000 karya seni yang digabung bersama dalam sebuah kolase.

Karya ini juga menjadi aset non-fungible token (NFT, barang berwujud maupun tak berwujud yang dianggap unik berbasis blockchain) termahal yang pernah dijual.

Adapun pemenang lelang harus membayar file JPG ini dengan menggunakan mata uang digital Ethereum.

Meski didaftarkan seharga USD 100 atau Rp 1,4 juta pada pekan kedua lelang, file JPG tersebut ternyata ditawar lebih dari 180 penawaran pada jam terakhir.

Karena dianggap unik, harganya pun langsung melonjak tinggi ke angka USD 30 juta hingga ketok palu file JPG ini dijual seharga USD 69,3 jutaan.

2 dari 3 halaman

File JPG Berjudul Everydays-The First Five Thousands Days

Lebih lanjut, file JPG yang dibuat oleh seniman yang bernama asli Mike Winkelmann ini disebut oleh rumah lelang sebagai "sebuah karya unik dalam sejarah seni digital".

Disebutkan, karya ini terdiri dari kolase gambar berwarna-warni yang telah diposting oleh Beeple secara online setiap hari sejak tahun 2007, menghasilkan 5.000 gambar individu dari 5.000 hari yang berbeda (karena itulah nama karya seni tersebut).

"Seniman telah menggunakan hardware dan software untuk membuat karya seni dan mendistribusikannya di internet selama lebih dari 20 tahun terakhir. Namun belum ada cara untuk memiliki dan mengoleksinya," kata Beeple.

3 dari 3 halaman

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Kembali Dilelang

Sebelumnya, mengutip informasi dari Entrepeneur, Senin (22/2/2021), surat lamaran Steve Jobs kembali dilelang--dibuat setelah dirinya keluar dari Reed College di Portland, Oregon, Amerika Serikat.

Adapun lelang surat lamaran ini akan berlangsung mulai 24 Februari hingga 24 Maret 2021. Charterfields selaku penyelenggara membuka lelang memorabilia ini dengan harga mulai 15.000 pounds atau sekitar Rp 296 juta.

Sebagai informasi, saat lelang 2018, surat lamaran ini berhasil terjual sekitar Rp 2,4 miliar. Sementara pada lelang sebelumnya, surat lamaran Steve Jobs ini berhasil ditebus Rp 682 juta.

(Ysl/Why)