Sukses

Grab Vaccine Center Banten Hadirkan Layanan Vaksinasi Drive-Thru dan Walk-in

Kolaborasi Kemenkes, Grab, dan Good Doctor ini hadirkan layanan 3-in-1 vaksinasi drive-thru bagi mobil, motor dan Walk-in.

Liputan6.com, Jakarta - Pascapembukaan pusat pelayanan vaksinasi Covid-19 di Bali, Grab dan Good Doctor kembali berkolaborasi membuka layanan serupa di Banten.

Layanan tersebut memungkinkan para peserta vaksinasi dapat melakukan vaksinasi dengan sistem drive-thru menggunakan mobil, motor, dan walk-in.

Targetnya, layanan ini dapat melakukan vaksinasi kepada sedikitnya 5.000 orang dalam dua hari. Prioritas penerima vaksin adalah lansia dan pekerja publik di bidang transportasi.

Proses praregistrasi, penjadwalan, dan pengelolaan data vaksinasi akan memanfaatkan infrastruktur digital dan teknologi GrabHealth dengan dukungan Good Doctor, yang bermitra dengan pemerintah untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi efisien.

"Saling bahu membahu dengan semangat gotong royong yang kuat dalam memerangi Covid-19 akan mempercepat berakhirnya pandemi ini," kata President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dalam rilis yang diterima Tekno Liputan6.com

Sementara itu, Managing Director of Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana menilai akselerasi proses vaksinasi adalah hal penting untuk memulihkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat.

"Secara khusus, kami juga menyediakan proses registrasi peserta vaksinasi secara daring dan juga fitur pre-screening untuk lansia di dalam aplikasi Grab and aplikasi Good Doctor, sehingga dapat mengurangi kerumunan massa dan meminimalisasi kasus batal atau tunda di lokasi vaksinasi," ujar Danu.

Grab Vaccine Center Provinsi Banten akan hadir di ICE BSD Exhibition Hall 10. Periode pelaksanaannya dimulai 13-14 Maret 2021 untuk gelombang pertama dan 10-11 April 2021 untuk gelombang kedua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendaftaran dan Screening

Vaksin disediakan oleh Kementerian Kesehatan dan akan tersedia untuk lansia dan pekerja publik di sektor transportasi yang memenuhi syarat Program Vaksinasi Nasional Tahap 2.  

Penduduk lansia di Provinsi Banten yang tertarik untuk divaksinasi di Grab Vaccine Center harus mendaftar dengan mengisi formulir daring yang tersedia di GrabHealth. Informasi jadwal vaksinasi akan tersedia setelah pendaftaran dikonfirmasi.

Pengelolaan pusat vaksinasi oleh Grab dan Good Doctor difokuskan pada keunggulan operasional dalam pengendalian lalu lintas pelaksanaan vaksinasi.

Metode Drive-Thru di Grab Vaccine Center bertujuan untuk melengkapi metode vaksinasi Walk-In yang umum dilakukan. Penerima vaksin yang memasuki area Drive-Thru Grab Vaccine Center akan melalui screening terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kriteria sebagai penerima vaksin.

Kemudian, mobil dan motor yang lolos tahap ini akan diarahkan ke salah satu jalur yang terbuka untuk proses pendaftaran, vaksinasi yang akan dilakukan oleh dokter dan perawat dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dan observasi. Penerima vaksin akan mendapatkan sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh BPJS sebelum meninggalkan lokasi.

 

3 dari 3 halaman

Pusat Vaksinasi Grab di Bali

Sebagai informasi, Pusat Vaksinasi Grab di Bali berhasil memvaksinasi 5,492 penduduk Bali dengan pencapaian target sebesar 109.84 persen dari target 5,000 suntikan vaksin hanya dalam enam hari, lebih cepat dari target yang ditetapkan sebelumnya yaitu tujuh hari.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin turut mengapresiasi langkah yang dilakukan atas kolaborasi Grab dan Good Doctor ini.  

“Kami mengapresiasi Grab dan Good Doctor atas komitmen berkelanjutan mereka untuk mendukung Program Vaksinasi Nasional melalui Grab Vaccine Center,” katanya dalam peresmian di Grab Vaccine Center, Sabtu (13/3/2021), kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini