Sukses

Terjaring OTT KPK, Wikipedia Nurdin Abdullah Berubah Jadi Koruptor

Ada yang menambahi profil Nurdin Abdullah di Wikipedia dengan sebutan koruptor.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan terhadap Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah terkait dugaan korupsi. Penangkapan dilakukan pada Jumat (26/2/2021) malam.

Terkait peristiwa ini banyak warganet yang penasaran dengan sosok Nurdin Abdullah, dan membawa mereka untuk melakukan penelusuran di Google.

Ketika muncul laman pencarian, terlihat thumbnail profil Nurdin Abdullah di Wikipedia. Pantauan Tekno Liputan6.com, Sabtu (27/2/2021), ada yang menambahi profilnya di Wikipedia dengan sebutan koruptor.

"Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. adalah Koruptor yang menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan Periode 2018 hingga terjaring OTT KPK pada 2021," demikian tulisan di Wikipedia Nurdin Abdullah.

Saat ini halaman Wikipedia Nurdin Abdullah sudah kembali normal. Untuk mencegah hal tersebut terulang lagi, profil Nurdin Abdullah di Wikipedia kini sudah diproteksi.

Dengan demikian, penyuntingan dan pemindahan hanya untuk pengguna terdaftar. Proteksi ini berlaku hingga 6 Maret 2021.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa yang Mengubah Profil Nurdin Abdullah Jadi Koruptor?

Penelusuran Tekno Liputan6.com pada history laman Wikipedia Nurdin Abdullah terlihat ada lima perubahan yang terjadi oleh pengguna bernama Youngster***.

Suntingan ini dilakukan Youngster*** sejak Sabtu (27/2/2021) dini hari. Lalu pengguna bernama Rian*** menolak lima perubahan teks itu dan kemudian memproteksi Wikipedia Nurdin Abdullah.

3 dari 4 halaman

Nurdin Abdullah Kena OTT KPK Jadi Trending Topic

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah terkait dugaan korupsi. Operasi tangkap tangan (OTT) itu dilakukan pada Jumat (26/2/2021) malam.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri membenarkan hal tersebut. Pun demikian, Ali belum menjelaskan lebih detail kasus apa yang menjerat Nurdin Abdullah.

Peristiwa ini pun menuai perhatian warganet hingga menjadikan keyword Nurdin Abdullah trending topic di Twitter Indonesia.

Banyak warganet tak menyangka hal ini bisa terjadi lantaran Nurdin Abdullah dikenal sebagai kepala daerah yang cukup berprestasi.

4 dari 4 halaman

Uang Rp 1 Miliar Disita KPK Saat Penangkapan Nurdin Abdullah

Dalam penangkapan tersebut, KPK membawa barang bukti berupa uang satu koper yang berisi Rp 1 miliar yang diamankan di Rumah Makan Nelayan Jln. Ali Malaka, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

Kendati demikian, Ali belum bisa menjelaskan lebih detail kasus apa yang menjerat Nurdin Abdullah. Begitu juga terkait siapa saja yang turut diamankan dalam operasi tersebut.

"Informasi lebih lengkap kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, saat ini belum bisa kami sampaikan," ucap Ali dikutip dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini