Sukses

Cara Merekam Percakapan Suara di Discord

Selain jadi sarana mengobrol secara langsung, kamu juga bisa merekam percakapan

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi perpesanan yang juga menyediakan fitur obrolan suara, Discord menjadi pilihan banyak pamain gim. Discord digunakan untuk berkomunikasi sambil bermain gim, baik melalui smartphone atau PC.

Belakangan, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat podcast, caranya dengan merekam percakapan. Merekam percakapan di Discord bisa memanfaat bot perekam bernama Craig Bot.

Craig bot itu akan masuk ke saluran yang kamu buat, dan merekam percakapan setelah kamu mengijinkannya.

Langkah pertama untuk mengundang craig adalah dengan membuka laman ‘craig.chat/home’ kemudian ketuk pilihan ‘Invite Craig to Your Discord Server’.

Selanjutnya kamu pilih saluran di aplikasi Discord yang telah kamu siapkan. Secara otomatis Craig akan masuk bersama dengan kamu di daftar teman kamu.

Untuk memulai merekam, kamu perlu mengetikan perintah ‘:craig:, join’ kemudian secara otomatis Craig akan mulai merekam percakapan kamu. Sebagai notifikasi memulai perekaman, akan ada suara ‘Now Recording’ dari Craig.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghentikan perekaman

Untuk menghentikan perekaman, kamu cukup ketik perintah ‘:craig:, leave’ maka bot tersebut akan meninggalkan saluran dan berhenti merekam.

Kemudian, untuk mendapatkan hasil rekaman, kamu tinggal ketuk profil Craig pada daftar teman obrolan kamu, dan ketuk tautan yang tersedia di kolom percakapan.

Secara otomatis itu akan mengarahkan ke laman Craig, dan akan ada pilihan unduhan.

Menariknya, audio yang direkam akan dipisah menurut sumbernya masing-masing. Artinya, suara kamu dan teman kamu memiliki rekaman audionya sendiri. Ini tentunya akan memudahkan dalam pengeditan tahap lanjut, jika diperlukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini