Sukses

Deretan Produk Baru Samsung di CES 2021: Kulkas, TV hingga Robot Pintar dengan AI

Liputan6.com, Jakarta - Samsung membagikan informasi produk-produknya yang diperkenalkan di pameran teknologi CES 2021.

Perusahaan ingin memperlihatkan bagaimana inovasi dalam menciptakan solusi fleksibel, terhubung, dan memanfaatkan AI untuk mempermudah kehidupan.

President and Head of Samsung Reseach, Sebastian Seung, mengatakan dunia saat ini tampak berbeda dan banyak orang dihadapkan dengan kenyataan baru, di mana makna rumah menjadi lebih penting.

"Inovasi kami dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan intuitif untuk mengekspresikan kepribadian Anda. Kami bekerja keras menghadirkan inovasi generasi berikutnya dengan AI sebagai penggerak utama," kata Seung, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Rabu (13/1/2021).

Inovasi yang dihadirkan mulai dari lemari pendingin, televisi, perangkat masak pintar, hingga vacuum cleaner yang dilengkapi dengan teknologi AI dan lain-lain.

1. Samsung Bespoke 4-Door Flex

Produk kulkas Bespoke versi baru ini memiliki panel yang dapat diganti dan hadir dalam banyak opsi warna.

Model 4 pintu ini tersedia di Amerika Utara pada musim semi ini. Hadir dengan fitur Beverage Center yang memungkinkan akses cepat ke dispenser air dan water pitcher yang terisi otomatis.

Kulkas ini juga dilengkapi Dual Auto Ice Maker untuk membuat es batu dan ice bites yang lebih kecil.

2 dari 4 halaman

2. Micro LED 110 Inci

Layar televisi baru ini memiliki LED inorganik yang dapat menyala sendiri. Hadir tanpa bingkai, penonton diklaim akan mendapatkan pengalaman menonton imersif dengan kualitas gambar tinggi.

Micro LED 110 inci juga memiliki fitur Quad View yakni opsi tampilan empat layar sehingga pengguna bisa menonton beberapa layar berbeda atau streaming tutorial sembari main gim.

Micro LED 110 inci akan diluncurkan secara glonal mulai musim semi ini.

Selain itu Samsung juga memperkenalkan jajaran TV seperti The Serif, The Frame, The Sero, dan The Terrace TV luar ruangan QLED 4K. Samsung juga mengumumkan Samsung The Premiere, proyektor laser 4K berkualitas bioskop.

 

3 dari 4 halaman

3. SmartThings Cooking

Layanan baru dari Samsung SmartThings dirancang untuk memudahkan aktivitas kuliner pengguna.

Mulai dari meal planner otomatis yang ditenagai Food AI akan merekomendasikan makanan selama seminggu, membuat daftar belanja bahan yang dibutuhkan, dan terhubung otomatis ke penjual bahan makanan langsung dari kulkas Family Hub atau layar smartphone.

Petunjuk pun akan dikirimkan langsung perangkat memasak Samsung yang terhubung untuk meminimalisasi kerepotan dan kesalahan.

4. Samsung Smart Health Trainer pada Samsung TV 2021

Samsung Health bisa mengubah runagan menjadi gym pribadi. Fitur Smart Trainer baru memonitor dan menganalisis postur tubuh dan menjadi layaknya personal trainer.

Personal trainer ini membantu pengguna menghitung repetisi, memperkirakan kalori yang terbakar, dan memutar pelatihan melalui kontrol suara Bixby.

4 dari 4 halaman

AI dan Robot dalam Rumah Tangga

AI jadi hal yang tak terpisahkan dari inovasi home appliances Samsung yang dipamerkan di CES 2021. Contohnya ada pada produk di bawah ini:

- JetBot 90 AI+

Penyedot debu menggunakan teknologi pengenalan objek untuk mengidentifikasi dan klasifikasi objek untuk menentukan jalur pembersihan terbarik.

Penyedot debu ini juga dibekali sensor LiDAR dan sensor 3D yang memungkinkannya menghindari kabel dan benda kecil, dan tetap membersihkan sudut yang sulit dijangkau.

Terlebih perangkat ini dilengkapi kamera, terintegrasi ke aplikasi SmartThings untuk membantu pengguna memantau rumah.

- Samsung Bot Care

Samsung Bot Care menggunakan AI untuk mengenali dan merespon perilaku pengguna.

Perangkat ini bisa menjadi asisten sekaligus pendamping robotik, membantu menangani hal kecil di rumah, mempelajari jadwal dan kebiasaan pengguna, serta mengirimkan pengingat untuk membantu pengguna.

- Samsung Bot Handy

Samsung Bot Handy mengandalkan AI untuk mengenali dan mengambil objek dalam berbagai objek, bentuk, dan berat. Dengan begitu perangkat ini bisa membantu mengerjakan pekerjaan di dalam rumah.

Perangkat ini juga bisa mengenali komposisi bahan dari berbagai benda dan bisa menjadi mitra untuk membantu membersihkan rumah yang berantakan.

(Tin/Ysl)

 

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba