Sukses

Google Segera Lengkapi Detail Privasi pada Aplikasi Versi iOS Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta Google dilaporkan belum memperbarui aplikasinya di ekosistem iOS sejak Desember 2020 lalu.

Pasalnya, Apple mengharuskan semua pengembang aplikasi di App Store memberikan laporan privasinya sejak 8 Desember 2020. Merespons hal itu, Google mengatakan akan segera melengkapinya.

Mengutip TechCrunch, Kamis (6/1/2020), sebagian besar mayoritas staf Google tidak bekerja pada akhir Desember lalu. Hal ini menjadi sebab aplikasi Google versi iOS belum diperbarui sejak saat itu.

Namun, kepada TechCrunch Google mengonfirmasi akan melakukan pembaruan pekan ini, walau belum ada waktu pasti kapan Google akan melakukan pembaruan.

Dua aplikasi Google, Slides dan Socratic, telah diperbarui setelah Apple mengeluarkan kebijakan mengenai detail label privasi. Kendati demikian, aplikasi tersebut belum melampirkan laporan privasi.

Label privasi sendiri dapat dilihat oleh pengguna sejak 14 Desember 2020 lalu, bertepatan dengan rilis iOS 14.3. Aturan laporan privasi yang dimaksud dalam aturan Apple adalah pengembang perlu mencantumkan informasi apa saja yang dapat diakses oleh aplikasi buatannya. Seperti lokasi, riwayat penelusuran, kontak, foto, atau lainnya.

 

2 dari 2 halaman

Tak Mengikuti Aturan

Mengacu laporan Fast Company, Google berhenti melakukan oembaruan sehari sebelum Apple memberlakukan kebijakan AppStore teranyarnya. Jadi, belum ada aplikasi iOS Google yang mengikuti kebijakan tersebut. Dengan demikian, Google terkesan tidak mengindahkan kebijakan yang baru diberlakukan oleh Apple tersebut.

Atas kondisi tersebut, Apple telihat memberikan kesempatan lebih lama bagi Google untuk melengkapi aplikasinya agar sesuai dengan pedoman privasi baru di AppsStore. Meski begitu, Google tidak berencana untuk melanggar aturan yang dikeluarkan Apple.