Sukses

Tak Perlu Smartphone Mahal, Ini 4 Tips Bikin Tugas Video Presentasi untuk Sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Sejak April lalu, sebagian besar sekolah di Indonesia menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Saat PJJ, penggunaan smartphone jadi hal yang penting untuk mendukung proses pembelajaran sampai mengerjakan tugas yang diberikan guru.

Berdasarkan pengalaman sejumlah siswa, format tugas pun kian beragam. Mulai dari kuis, esai, sampai ke video presentasi.

Untuk itulah, Samsung menghadirkan berbagai produk Galaxy A series, yakni Galaxy A01 Core, Galaxy A01, dan Galaxy A11 yang terjangkau namun dilengkapi inovasi berguna untuk mendukung proses belajar siswa, termasuk membuat konten tugas.

Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Irfan Rinaldi mengatakan, saat mengerjakan tugas berbentuk video, siswa kerap mengalami kesulitan.

Namun, dengan bantuan Android Go, Galaxy A01 Core diklaim 15 persen lebih cepat membuka aplikasi dan menghemat penggunaan RAM hingga 27MB.

"Para murid pun bisa membuka beberapa aplikasi bersamaan dan menghemat memori hingga 900MB untuk menyimpan lebih banyak foto dan video," katanya.

Galaxy A01 Core, A01, dan A11 bisa diperoleh mulai dari Rp 999 ribuan dan dapat dicicil mulai dari Rp 90 ribuan untuk mendukung belajar siswa.

2 dari 5 halaman

Tips 1: Catat yang Ingin Disampaikan

Berikut adalah 4 tips membuat tugas video dengan Galaxy A series.:

1. Catat dulu apa yang ingin kamu bicarakan

Terkadang kita suka kehilangan atau bahkan kehabisan kata-kata saat sedang direkam di depan kamera. Sebelum membuat video presentasi, catat dulu hal yang ingin kamu bicarakan dalam poin-poin sebagai acuan saat kamu berbicara di depan kamera.

Fitur Google Go dan Youtube Go dapat digunakan untuk melakukan pencarian sumber informasi dari internet untuk membuat poin-poin catatan kamu.

Selain itu, fungsi dari mencatat poin-poin pembicaraan juga membuat presentasi kita memiliki alur yang bagus dan terstruktur.

3 dari 5 halaman

2. Posisikan Galaxy A sejajar dengan pandangan mata

Saat merekam tugas video presentasi, posisikan kamera smartphone sejajar dengan mata kamu (eye-level), sehingga hasil rekaman akan terlihat maksimal dengan komposisi pengambilan video yang seimbang.

Misal, gunakan alat-alat yang ada di sekitar kamu seperti buku untuk membantu memposisikan smartphone kamu lurus dan sejajar di atas meja, atau duduk diatas bangku/kursi yang membuat pandangan matamu sejajar dengan kamera Galaxy A.

Kamu juga bisa mengatur posisi Galaxy A vertikal atau horizontal untuk mendapatkan posisi eye level.

4 dari 5 halaman

3. Manfaatkan kamera depan untuk mengambil video

Gunakan kamera depan Galaxy A01 Core dan A01 yang beresolusi 5MP dan beauty filter yang membuat kamu terlihat lebih kece di dalam video presentasi kamu.

Untuk kamu yang ingin hasil video lebih Awesome lagi, Galaxy A11 hadir dengan kamera depan 8MP dengan kualitas 1080p 30fps.

5 dari 5 halaman

4. Manfaatkan Cahaya Matahari

Sering kali kita mendapatkan hasil video yang blur dan tidak maksimal karena kita tidak memperhatikan pencahayaan pada tempat kita merekam.

Untuk mendapatkan hasil video yang lebih maksimal lagi, kamu tidak perlu mahal-mahal membeli ring light/ lampu tambahan. Cukup manfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari pada jam 2-4 sore, maka kamu akan mendapatkan hasil video yang jernih dan tajam.

Untuk mendapat nilai terbaik, sering kali murid mengulang beberapa kali saat syuting video presentasinya. Jangan takut kehabisan baterai saat merekam video presentasi berulang-kali, karena Galaxy A01 Core ditenagai dengan baterai 3.000mAh.

(Tin/Ysl)