Sukses

Pengguna Kini Bisa Pakai 'Hey Google' untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan kemampuan baru di Google Assistant. Kini, asisten virtual itu kian pintar karena sudah mendukung perintah suara untuk aplikasi pihak ketiga.

Sebagai informasi, perintah suara melalui Google Assistant memang dapat digunakan untuk sejumlah aplikasi non-Google, tapi fungsinya masih terbatas. Karenanya, kemampuan baru ini hadir dengan fungsi yang lebih beragam.

Sebagai contoh, pengguna sebelumnya hanya dapat memberi perintah seperti, "Hey Google, open Selena Gomez on Snapchat". Namun kini pengguna dapat melakukan perintah suara yang lebih spesifik dan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari.

Seperti dikutip dari blog resmi Google, Sabtu (10/10/2020), lewat kemampuan baru ini, pengguna dapat meminta Google Assistant untuk memutar musik, mengunggah di media sosial, memesan makanan, hingga memanggil layanan ride-hailing.

Ada 30 aplikasi di Google Play yang sudah mendukung kemampuan baru ini, seperti Yahoo Mail, Nike Adapt, Nike Run Club, Spotify, Best Buy, Instagram, Google Maps, Discord, hingga Snapchat. Hanya memang kemampuan ini baru mendukung bahasa inggris.

Selain itu, pengguna kini juga dapat membuat frasa khusus di Google Assistant untuk sejumlah fungsi umum. Jadi, daripada pengguna mengucapkan, "Hey Google, tighten my shoes with Nike Adapt," mereka dapat mengucapkan frasa, "Hey Google, lace it".

2 dari 3 halaman

Pembaruan Google Assistant Tingkatkan Akurasi Respons

Sebelumnya, Google juga mempermudah pengguna untuk mengatur Assistant menggunakan Voice Match. Ini merupakan fitur yang mengajarkan Google Assistant untuk mengenali sebuah suara.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (25/4/2020), melalui pembaruan ini, pengguna akan dapat mengatur Voice Match untuk membuat Google Assitant meminta Anda mengucapkan frasa lengkap ketimbang kata kunci biasa "Hey Google."

Pembaruan ini akan memungkinkan Google Assitant untuk mengidentifikasi suara pengguna dengan lebih akurat daripada sebelumnya. Agar hal itu terjadi, Voice Match akan meminta pengguna mengucapkan frasa seperti "Hey Google, play my workout playlist," yang dapat mengidentifikasi pembicara dengan lebih baik.

Selain itu, Voice Match kini juga memungkinkan pengguna untuk menautkan hingga enam orang ke satu akun Google Assistant, dengan masing-masing orang menerima hasil yang dipersonalisasi saat menggunakan perangkat.

3 dari 3 halaman

Kemampuan Lain

Selain itu, Google juga merilis pembaruan untuk menyesuaikan seberapa sensitif Google Assistant terhadap lingkungan karena itu dapat memengaruhi responsnya terhadap kata kunci. Ini sangat penting karena Google Assistant secara tidak sengaja dapat diaktifkan jika mendengar sesuatu yang mirip dengan "Hey Google" di lingkungan bising.

Dalam beberapa pekan mendatang, Google akan meluncurkan sebuah opsi baru yang memungkinkan pengguna menyesuaikan sensitivitas smart speaker dan smart display dengan kata kunci. Opsi baru ini juga akan hadir di aplikasi Google Home, tapi untuk tahap awal hanya akan mendukung bahasa Inggris.

(Dam/Ysl)