Sukses

Perangkat Lunak Database Open Source Jadi Solusi Korporasi Hadapi Krisis

Liputan6.com, Jakarta - PostgreSQL Global Development Group baru saja merilis PostgreSQL 13, versi terbaru dari perangkat lunak database open source yang diklaim hemat ruang dan memiliki respons cepat.

PostgreSQL 13 secara efisien dapat menangani data duplikat dalam indeks B-tree, yang merupakan indeks standar database.

Hal ini memberikan keuntungan dengan menurunkan penggunaan ruang yang dibutuhkan indeks B-tree, sambil meningkatkan kinerja query secara keseluruhan.

Julyanto Sutandang, CEO Equnix Business Solutions (perusahaan lokal penyedia solusi IT berbasis software open source) mengatakan platform open source adalah masa depan karena menawarkan efisiensi, kemandirian, kedaulatan, dan kebebasan dalam mengadopsi teknologi.

"Sejak awal kami selalu optimistis dan percaya bahwa open source adalah solusi masa depan. Selain efisiensi, open source memungkinkan kita mengadopsi teknologi apapun secara bebas dan mandiri serta future proof," kata Julyanto melalui keterangannya, Jumat (25/9/2020).

Ia melanjutkan, seperti yang baru saja disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Indonesia sedang menghadapi krisis ekonomi dengan prediksi pertumbuhan minus 1,7 hingga 0,6 persen di tahun 2020.

"Tentunya ini saatnya bagi banyak korporasi besar untuk mulai lebih memanfaatkan open source sebagai solusi menghadapi tantangan tersebut,” ucap Julyanto menambahkan.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Pengurutan Bertahap

Software ini juga dilengkapi fitur pengurutan bertahap, di mana data yang diurutkan dari langkah sebelumnya dalam query dapat mempercepat pengurutan di langkah selanjutnya.

Selain itu, PostgreSQL sekarang bisa menggunakan sistem statistik yang diperluas (diakses melalui Create Statistics) untuk membuat rencana yang lebih baik untuk query dengan klausa OR dan pencarian atas daftar IN/ANY.

Di PostgreSQL 13 juga lebih banyak pilihan query pengelompokan dan agregat dapat meningkatkan efisiensi fungsi pengelompokan, karena query dengan kelompok besar tidak harus dimasukkan seluruhnya ke dalam memori.

Query dengan tabel partisi mendapatkan manfaat terbesar, karena saat ini ada banyak kemungkinan di mana partisi dapat dipangkas dan dapat digabungkan langsung.

 

3 dari 3 halaman

Kenyamanan dan Keamanan

PostgreSQL 13 memudahkan untuk bekerja dengan tipe data PostgreSQL yang berasal dari sumber data berbeda. Dirilisnya versi terbaru ini menambahkan fungsi datetime() untuk SQL/JSON. Selain itu, fungsi gen_random_uuid(), kini tersedia tanpa harus menginstal ekstensi apa pun.

Sistem partisi PostgreSQL juga diklaim lebih fleksibel, mendukung logical replication dan trigger BEFORE pada level row.

Sementara, fungsi/fitur ekstensi dapat diinstal oleh pengguna biasa, selama sudah ditandai sebagai “trusted” oleh superuser. Beberapa ekstensi secara default sudah ditandai sebagai trusted: pgcrypto, tablefunc, hstore, dan lainnya.

Fitur menarik seperti FDW, yang dapat menghubungkan PostgreSQL dengan database lainnya seperti Oracle, MySQL, dan lain-lain dapat menggunakan otentikasi berbasiskan sertifikat sehingga lebih aman.

(Isk/Ysl)