Sukses

Telkomsel Rilis Orbit, Layanan Internet Rumah Berbasis Modem WiFi

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel merilis Telkomsel Orbit, sebuah solusi internet untuk pengguna rumahan. Pada fase awal peluncurannya, Telkomsel Orbit menjangkau 50 kota di Indonesia. Layanan ini disebutkan terus bertambah ke depannya.

Head of Home LTE Project Telkomsel Arief Pradetya mengatakan, Telkomsel Orbit adalah produk inovasi terbaru yang menyediakan koneksi data berupa internet rumah nirkabel berbasis jaringan 4G LTE.

"Solusi digital dari Telkomsel Orbit menggunakan perangkat modem wifi dengan kualitas jaringan seluler terbaik dan paket data yang bisa diandalkan tanpa mengharuskan pelanggan berlangganan," kata Arief, Kamis (2/7/2020).

Pengguna yang ingin berlangganan bisa memesan wifi Telkomsel Orbit melalui website, kemudian perangkat akan dikirim ke rumah masing-masing. Selanjutnya, konsumen pun dapat melakukan aktivasi sendiri, hingga monitoring paket secara transparan melalui aplikasi MyOrbit.

Solusi Telkomsel Orbit hadir dalam dua varian modem, yakni Orbit Star dan Orbit Max. Orbit Star memiliki kemampuan untuk terhubung dengan 32 perangkat sekaligus. Sementara, Orbit Max mampu terkoneksi ke 64 perangkat.

Kedua modem pun bisa diaktifkan dan disambungkan ke perangkat setelah dipasang mandiri oleh pelanggan.

2 dari 4 halaman

Modem Mulai Rp 800 Ribuan

Selama peluncuran awal ini, Telkomsel memberi harga khusus pembelian produk modem dan paket datanya. Untuk Orbit Star akan dibanderol Rp 799 ribu dan Orbit Max dijual Rp 2,4 jutaan.

Tiap pembelian Orbit Star dan Orbit Max sudah termasuk modem, kartu SIM prabayar Telkomsel, dan kuota data (50GB untuk Orbit Star dan 150GB untuk Orbit Max) selama 30 hari.

Arief lebih lanjut menyebut, Telkomsel Orbit dilengkapi aplikasi MyOrbit dengan berbagai fitur pendukung. Fitur tersebut antara lain adalah pengendalian pelanggan yang terkoneksi, pemantauan pemakaian kuota, pengaturan waktu penggunaan internet, dan pembelian paket data.

Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store dan akan tersedia untuk pengguna iOS dalam waktu dekat.

"Telkomsel telah memperhitungkan fitur dan konfigurasi perangkat BTS, kapasitas jaringan, jarak lokasi pelanggan ke BTS 4G LTE, serta jumlah pengguna maksimal yang dapat dilayani per BTS dalam menentukan lokasi penyelenggaraan layanan Telkomsel Orbit," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelum menggelar layanan Orbit untuk satu pengguna, pihak Telkomsel akan melakukan asesmen wilayah apakah wilayah calon pengguna itu dilayani oleh BTS 4G dan masih adakah bandwidth sisa dari BTS tersebut. Jika masih ada, pelanggan pun dipersilakan melakukan pemesanan.

3 dari 4 halaman

Sudah ada 4.000 Pelanggan

Sekadar informasi, sejak diluncurkan secara soft launch hingga saat ini sudah ada 4.000 pengguna Telkomsel Orbit.

Kehadiran Telkomsel Orbit, menurut Arief, untuk mengisi kekosongan penetrasi home broadband (internet kabel) yang masih rendah. Menurut Arief, kini ada 11 juta pelanggan yang belum terkoneksi internet kabel dan hal ini merupakan fokus dari Telkomsel Orbit.

Ia pun mengakui, secara kualitas, internet fix broadband akan lebih cepat ketimbang internet melalui wifi rumah.

Ia menjelaskan, ada beberapa keunggulan dari Telkomsel Orbit sebagai solusi koneksi internet nirkabel di dalam rumah antara lain adalah paket kuota yang berlaku 24 jam tanpa batasan aplikasi, tanpa perpanjangan otomatis dan tanpa biaya kelebihan pemakaian sehingga biaya tersedia secara transparan.

Selanjutnya pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk menikmati internet karena aktivasi dapat dilakukan secara mandiri, instan dan mudah menggunakan aplikasi MyOrbit, sehingga tidak memerlukan kedatangan teknisi ke dalam rumah.

4 dari 4 halaman

Kode Refferal

Telkomsel Orbit juga menyelenggarakan program Referral. Pelanggan cukup merekomendasikan Telkomsel Orbit kepada teman dan keluarga dengan membagikan referral code miliknya.

Setiap referral code yang berhasil digunakan untuk pembelian unit baru Telkomsel Orbit, baik pemberi rekomendasi maupun penerima kode tersebut, sama-sama akan mendapatkan tambahan paket data 5 GB dengan masa aktif selama 7 hari.

Khusus bagi pelanggan yang sangat aktif merekomendasikan, tersedia juga tambahan berbagai hadiah, mulai dari smartphone, smart tv, sampai saldo LinkAja dengan total jutaan rupiah.

(Tin/Isk)