Sukses

Google Doodle Hari Ini Kembali Tampilkan Gim Bahasa Coding Anak-Anak

Google berencana untuk meluncurkan kembali sejumlah gim doodle lawas mereka hingga beberapa hari mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan jumlah kasus positif virus corona Covid-19 yang berdampak pada semua orang di dunia, masyarakat dan keluarga pun harus menghabiskan waktu mereka di rumah.

Untuk menyemangati semua orang di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, Google berencana untuk meluncurkan kembali sejumlah gim doodle lawas mereka hingga beberapa hari mendatang.

Salah satu gim Google Doodle pertama yang tampil di laman utama pencarian saat ini adalah gim paling hits pada 2017 yang diberi judul 'Coding'.

Adapun gim doodle ini dibuat oleh tim Google untuk merayakan 50 tahun bahasa coding anak-anak.

Dikutip dari laman Google Doodle, Senin (27/4/2020), doodle hari ini adalah gim yang dibuat khusus agar bahasa koding dapat lebih menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak.

Dalam mini gim ini, pengguna harus memainkan seekor kelinci kecil untuk mengumpulkan wortel di sepanjang permainan.

Maksud dari permainan Google Doodle ini tentu ingin mendemonstrasikan bagaimana cara kerja programming dengan kode-kode khusus bisa menciptakan sebuah aksi, seperti yang ada di dalam mini gim ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibuat oleh Divisi Google Blockly

Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Menurut yang dilansir Mirror, doodle tersebut dikembangkan oleh divisi Google Doodle, divisi Google Blockly, dan para peneliti dari Massachussets Institute of Technology (MIT).

Logo dirancang oleh seorang peneliti MIT bernama Seymour Papert. Papert sendiri adalah 'pionir' bahasa coding untuk anak-anak dan ingin menjadikan coding sebagai salah satu cabang ilmu komputer.

Coding adalah bahasa pemrograman komputer yang digunakan di situs internet dan aplikasi smartphone.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.