Sukses

Tak Cuma Andalkan Teknologi, Ini 5 Tips Work From Home Agar Tetap Produktif

Untuk mengimplementasikan work from home dibutuhkan solusi teknologi yang dapat mendukung produktivitas karyawan selama mereka ada di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Work from home (WFH) menjadi salah satu skema yang dianjurkan sejumlah perusahaan di dunia untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Akan tetapi, untuk mengimplementasikan WFH dibutuhkan solusi teknologi yang dapat mendukung produktivitas karyawan selama mereka ada di rumah.

DataOn sebagai perusahaan penyedia solusi human resources (HR), di antaranya Sunfish HR dan GreatDay HR, memberikan 5 (lima) tips bagaimana praktek WFH terbaik untuk diimplementasikan oleh perusahaan dan karyawan.

Berikut detailnya, langsung dari Gordon Enns selaku Founder dan CEO Sunfish HR dan GreatDay HR, melalui keterangannya, Rabu (1/4/2020).

1. Konektivitas dan Teknologi

Atasan dan karyawan yang bekerja dari rumah harus bekerjasama untuk memastikan bahwa karyawan yang work from homemendapatkan teknologi yang tepat, perangkat, bandwidth dan koneksi yang aman untuk menjalankan tugasnya secara efektif.

2. Alat Komunikasi

Atasan harus menyediakan alat komunikasi yang baik seperti fitur chat, webcam, platform konferensi video dan lainnya agar karyawan tetap terhubung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Manajemen Performa

Atasan sebaiknya menetapkan ekspektasi yang jelas akan jam kerja, penyampaian kerja, prioritas dan lainnya.

4. Membuat Ruang Kerja

Tentukan ruang kerja dan pastikan itu diatur dengan benar, terhubung dan nyaman.

5. Mengelola Gangguan

Jika tinggal bersama anggota keluarga atau teman serumah, pastikan mereka mengetahui kapan kamu membutuhkan privasi untuk bekerja dan menghormatinya.

Dengan demikian, hari kerja kamu di rumah bisa sama dengan hari kerja di kantor. Misalnya, jangan terlibat dalam aktivitas lain saat kamu seharusnya bekerja.

 

3 dari 3 halaman

Fitur Sunfish HR

Gordon menambahkan, untuk mendukung praktek WFH, Sunfish HR dilengkapi berbagai fitur lengkap yang mendukung produktivitas seperti chat, timesheet activity, time & attendance report, dan company policy yang dapat diakses dengan mudah melalui sistem komputasi awan (cloud).

Sementara itu bagi perusahaan yang menggunakan aplikasi GreatDay HR, untuk mendukung social distancing, karyawan bisa menggunakan fitur komunikasi chat internal, teknologi geo-tagging dan activity recording.

Dengan fitur ini komunikasi antar karyawan tetap dapat dilakukan secara teratur, termasuk memantau aktifitas dan lokasi karyawan selama WFH secara real time.

(Isk/Why)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini