Sukses

Apple Tunda Peluncuran iPhone 5G Gara-Gara Virus Corona

Para analis meyakini wabah virus corona yang terjadi diberbagai negara di dunia ini dapat menunda peluncuran iPhone 5G hingga ke bulan berikutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple diyakini akan meluncurkan iPhone 5G, namun hal itu mungkin akan tertunda peluncurannya karena wabah virus corona (Covid-19).

Kabar tersebut terungkap lewat laporan analis Bank of America sebagaimana dikutip oleh Bloomberg, Senin (9/3/2020).

Para analis meyakini wabah virus corona yang terjadi diberbagai negara di dunia ini dapat menunda peluncuran iPhone 5G ke satu bulan berikutnya.

Selain menunda peluncuran iPhone 12, para analis juga percaya tanggal rilis iPhone 9 atau iPhone SE 2 akan mundur dari tanggal yang ditentukan.

"Masalah rantai pasokan dan permintaan komponen perangkat karena wabah virus corona menjadi alasan utama smartphone Apple ini ditunda," tulis laporan analis tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Minta 12.000 Karyawan Kerja dari Rumah

Warga berjalan melewati Apple Store yang tutup di Beijing, China, Selasa (4/2/2020. Belum diketahui bagaimana nasib Apple Store lainnya yang sudah ditutup sejak 1 Februari lalu lantaran wabah virus corona. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Setelah Google, Microsoft, Twitter, dan Facebook, kini Apple juga menyarankan karyawannya untuk bekerja secara remote dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hal ini disampaikan Apple melalui memo internal perusahaan, yang mengimbau 12.000 karyawannya di Apple Park, Cupertino, California, AS agar bekerja dari rumah. Demikian seperti dikutip dari laman New York Post, Sabtu (7/3/2020).

Imbauan ini datang di tengah 20 kasus positif corona di Santa Clara County. Pejabat setempat sebelumnya meminta sejumlah perusahaan besar membatasi karyawannya untuk saling berkomunikasi jarak dekat.

Namun, belum diketahui berapa jumlah karyawan Apple yang mengikuti anjuran perusahaan.

 

3 dari 3 halaman

Pasokan Pengganti Alami Kendala

CEO Apple Tim Cook mengumumkan peluncuran iPhone 11 di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2019). Apple menyematkan chipset A13 bionic pada iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max Pro. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Di sisi lain, Apple menginformasi pasokan iPhone pengganti mengalami kendala dalam beberapa minggu ke depan gara-gara virus corona.

Perusahaan memberikan informasi ini ke pegawai bidang perbaikan di toko Apple. Demikian menurut seorang pegawai Apple Store, seperti dilaporkan Bloomberg.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.