Sukses

Google Maps Tunjukkan Batas Politik Berdasarkan Lokasi Geografis

Liputan6.com, Jakarta - Apple dan Google Maps kini menunjukkan lokasi Krimea sebagai bagian dari Rusia, tapi tergantung dari lokasi orang yang melihatnya. Sebelumnya, Rusia menuntut Apple dan Google untuk menunjukkan Krimea sebagai bagian dari tanah Rusia.

Misalnya, ketika pengguna melihat peta Krimea dari Amerika Serikat (AS), maka Maps Google dan Apple akan menunjukkan wilayah tersebut bukan bagian dari Rusia atau Ukraina. Namun jika dilihat dari Rusia, Krimea ditampilkan sebagai bagian dari negara tersebut.

Hal ini dilakukan oleh Apple dan Google agar aplikasi keduanya dapat mematuhi regulasi Rusia.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (18/2/2020), Google membahas isu politik lebih serius dengan membuat tim khusus karyawan bernama "disputed regions team". Tim tersebut bertugas menangani berbagai masalah terkait isu politik.

Director of Product Management untuk Google Maps, Ethan Russell,menjelaskan peran tim tersebut dan bagaimana Google mengatasi isu-isu sensitif.

"Kami tetap netral terkait masalah wilayah dan perbatasan, serta melakukan segala upaya untuk menampilkan perselisihan secara objektif di peta kami menggunakan garis batas abu-abu putus. Di negara-negara dengan versi lokal Google Maps, kami mengikuti undang-undang setempat saat menampilkan nama dan batas," jelas Russell.

2 dari 3 halaman

Negara-negara Lain

Contoh lain tentang bagaimana Google Maps menunjukkan batas-batas politik berdasarkan lokasi geografis adalah Kashmir. Wilayah ini disengketakan oleh India dan Pakistan selama hampir empat dekade.

Pengguna Google Maps di Pakistan dan negara-negara lain akan melihat perbatasan digambar dengan garis putus-putus. Tanda tersebut bahwa wilayah itu sedang diperselisihkan antara dua atau lebih negara.

Sementara pengguna Google Maps di India akan melihat garis solid, yang menunjukkan Kashmir sebagai bagian dari negara tersebut.

Hal yang sama juga berlaku untuk Laut Jepang, yang memisahkan Jepang dan Korea Selatan. Orang-orang di Korea Selatan akan melihat wilayah tersebut sebagai Laut Timur, sedangkan di luar itu sebagai Laut Jepang.

(Din/Isk)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading