Sukses

EA Setop Dukungan untuk Tetris Versi Mobile Mulai April 2020

Liputan6.com, Jakarta - EA sempat merilis sejumlah gim Tetris untuk perangkat mobile beberapa tahun lalu. Namun pada tahun ini, deretan gim tersebut dipastikan tidak lagi dapat dimainkan.

Informasi ini diumumkan langsung oleh EA beberapa waktu lalu. Dikutip dari Phone Arena, Jumat (24/1/2020), EA mengatakan akan menghentikan dukungan untuk Tetris 2011 dan Tetris Blitz di Android dan iOS.

Adapun pemberhentian dukungan ini dimulai sejak April 2020. Dengan kata lain, pemain yang sudah membeli dua gim tersebut tidak lagi dapat memainkannya.

"Mulai April 2020, Tetris Blitz akan pensiun dan tidak dapat dimainkan. Namun perlu diingat, kamu masih dapat memainkannya hingga 21 April 2020," tulis EA dalam pernyataannya.

Meski gim Tetris besutan EA sudah tidak dapat lagi dimainkan, Tetris Company sebenarnya sudah menjalin kerja sama eksklusif dengan N3TWORK.

Perusahaan itu nantinya akan menjadi satu-satunya pengembang dan penerbit gim baru Tetris untuk perangkat mobile. Berdasarkan laporan, kerja sama eksklusif ini yang membuat EA harus menyetop dukungan untuk gim Tetris besutannya.

Gim Tetris besutan N3TWORK sendiri kini sudah tersedia di Play Store, tapi belum ada informasi mengenai kehadiranya untuk iOS.

2 dari 3 halaman

Mengenang 35 Tahun Gim Legendaris Tetris

Perlu diketahui, tahun lalu, Tetris resmi berusia 35 tahun. Pertama kali diciptakan pada 1984, gim ini nyatanya masih terus bertahan hingga sekarang.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, gim ini diciptakan oleh pengembang software asal Rusia, Alexey Pajitnov.

Tetris sendiri disebut terinspirasi dari gim papan (board game) bernama Pentominos, gim yang dibuat dari balok kayu dengan banyak bentuk. Pemain harus menyusun balok tersebut dan menjadi yang terakhir untuk menjadi pemenang.

Pajitnov sebenarnya tidak sendiri dalam menggarap Tetris. Dia bersama dua temannya, Dmitry Pavlosky dan Vadim Gerasimov, berhasil merancang gim pertama Rusia yang rilis di Barat, tepatnya pada 1986.

Meluasnya gim Tetris juga tidak lepas dari sosok pengusaha asal Belanda bernama Henk Rogers. Setelah berhasil memperoleh paten Tetris untuk konsol gim portabel, dia pun bergerak cepat membawa Tetris versi portabel ke pasaran.

Hasilnya, konsol portabel Game Boy versi Tetris rilis pada 1989 dan terjual sebanyak 35 juta unit sepanjang tahun itu.

Tetris sendiri kini sudah hadir dalam banyak versi. Mulai dari versi Game Boy sebagai pelopor, hingga yang terbaru hadir di PlayStation VR termasuk Nintendo Switch.

Uniknya, dalam wawancara terbaru, Pajitnov mengaku bahwa dia ternyata tidak terlalu jago dalam memainkan Tetris. Dia menyebutnya dirinya dapat dikatakan berada dalam taraf amatir yang andal.

3 dari 3 halaman

Unik, Tetris Kini Ikut Gabung Genre Battle Royal

Sebelumnya, gim Tetris dilaporkan telah beradaptasi dengan genre gim yang sedang populer saat ini, yakni battle royale. 

Dikutip dari Gamerant, Jumat (15/2/2019), dalam pengumuman terbaru di Nintendo Direct terungkap Tetris kini hadir dalam genre battle royale. Gim anyar berjudul Tetris 99 akan meluncur di Nintendo Switch.

Sesuai judulnya, Tetris 99 akan mempertemukan 99 pemain untuk saling merebut kemenangan. Sama seperti gim bergenre serupa, pemain yang mampu bertahan hingga akhir akan dinobatkan sebagai juara.

(Dam/Why)

Loading