Sukses

Natal dan Tahun Baru, Trafik Data Indosat Naik 60,92 Persen

Indosat Ooredoo mengklaim berhasil mengantisipasi lonjakan trafik layanan telekomunikasi selama musim libur perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo mengklaim berhasil mengantisipasi lonjakan trafik layanan telekomunikasi selama musim liburan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Indosat Oredoo menyiapkan kapasitas data sebesar 26.352TB, atau lebih tinggi 36 persen dibandingkan trafik data harian. Kenaikan trafik data paling tinggi mencapai 11.406TB pada 1 Januari 2020, atau meningkat 19,9 persen dibandingkan hari normal.

Pihak Indosat mengatakan, keberhasilan dalam melayani kebutuhan digital ini merupakan hasil dari pembangunan BTS 4G secara masif sejak akhir tahun lalu.

"Inisiatif perusahaan untuk melakukan penggelaran jaringan 4G juga telah menunjukkan hasilnya, sebagaimana yang terlihat di laporan salah satu perusahaan independen yang melakukan analisis terhadap pengalaman jaringan seluler, dimana Indosat Ooredoo menjadi operator dengan peningkatan throughput paling signifikan di Indonesia," ungkap SVP-Head of Network Operations Indosat Ooredoo, Agus Silistio, dalam keterangan resminya, Selasa (7/1/2020).

Secara keseluruhan, peningkatan trafik data sekira 12,8 persen selama Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, dibandingkan hari normal. Jumlahnya melonjak 60,92 persen dibandingkan tahun lalu.

Lalu lintas data didominasi layanan streaming video 32,28 persen, pesan instan 67,41 persen, dan media sosial 53,35 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Peningkatan Trafik

Pada perayaan Natal, Indosat Oordeoo mencatat peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari H sebesar 16,50 persen. Sementara trafik voice dan SMS terjadi pada H-2 mengalami peningkatan sebesar 5 persen dan 29 persen dibandingkan hari normal.

Saat perayaan pergantian tahun baru, trafik data tercatat meningkat 19,91 persen, trafik voice turun 5,73 persen, dan trafik SMS naik 17,54 persen. Aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan untuk mengisi waktu liburan adalah Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan YouTube.

Kenaikan trafik layanan telekomunikasi tercatat terjadi di beberapa kota besar, seperti Bogor, Tangerang, Karawang, Bekasi, dan Magelang.

Untuk memastikan semua layanan dapat melayani pelanggan dengan baik, kegiatan pemantauan jaringan Indosat dilakukan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas pemantauan, dan pengendalian jaringan secara terpadu.

i-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi pemantauan berkelanjutan antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan, dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

(Din/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini