Sukses

Tips Main Gim di Laptop dengan Spesifikasi Pas-pasan Ini Layak Kamu Coba

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, banyak gamer berpendapat untuk main gim di PC membutuhkan perangkat kelas atas.

Walau hal tersebut benar adanya, ada beberapa judul gim--lama dan baru--yang masih dapat dimainkan di laptop atau PC berspesifikasi standar.

Tentunya, kamu tidak akan mendapatkan performa yang sama persis seperti ketika memainkan gim tersebut di PC/laptop dengan hardware kelas atas.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati sejumlah judul gim di laptop atau PC yang dimiliki saat ini.

Penasaran bagaimana caranya memanfaatkan perangkat komputer yang kamu miliki saat ini untuk bisa main gim? Simak tipsnya sebagaimana dikutip dari Tech Radar, Rabu (18/12/2019).

1. Optimalkan RAM

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika punya laptop murah, kamu tidak akan bisa memainkan semua judul gim.

Ada beberapa judul gim yang memang tidak kompatible untuk dimainkan di perangkat dengan hardware pas-pasan.

Karena itu, ada baiknya memeriksa apakah spesifikasi di komputer sesuai dengan rekomendasi hardware dari pengembang gim.

Informasi ini dapat diakses di Steam, Epic Games Store, atau situs web penerbit gim. Paling terpenting, kamu harus memastikan RAM yang terpasang di laptop sesuai spesifikasi minimum.

RAM 8GB sudah cukup untuk memainkan gim-gim kelas rendah dan menengah, meskipun kamu mungkin kesulitan dengan beberapa judul.

 

2 dari 3 halaman

2. Beli Mouse yang Mumpuni

Ilustrasi laptop. Dok: theverge.com

Jika ingin main gim PC di perangkat berspesifikasi pas-pasan, ada baiknya kamu tidak terlalu banyak berinvestasi di berbagai periferal.

Meski begitu, ada satu perangkat vital yang patut jadi pertimbangan harus dimiliki untuk bermain gim di PC, yakni mouse.

Berbekal mouse, beragam genre gim pun dapat dimainkan dengan lebih mudah, cepat, dan fleksibel. Tidak perlu beli mouse mahal-mahal, tetapi setidaknya kamu memiliki perangkat yang nyaman di tangan dan dipakai.

3. Selalu Colok Laptop ke Stop Kontak

Bermain gim sangat mengonsumsi baterai di laptop kamu. Karena itu, ada baiknya untuk selalu mencolokkan charger laptop setiap kali bermain gim.

Selain untuk mencegah baterai habis saat bermain gim, hal ini dilakukan agar hardware di laptop dapat mengonsumsi daya lebih optimal.

 

3 dari 3 halaman

4. Matikan Program Berjalan di Belakang

Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop

Jika main gim lebih maksimal, ada baiknya kamu mengurangi beban pekerjaan perangkat. Banyaknya tab yang dibuka pada browser dapat mempengaruhi tampilan pada laptop kamu saat menjalankan gim.

Karena itu, sebelum main gim lebih baik kamu mematikan aplikasi dan menutup tab di browser yang tidak digunakan.

5. Atur Tampilan Grafis ke Low

Setelah bisa menjalankan gim di PC/komputer berspesifikasi pas-pasan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur grafis gim ke paling rendah.

Walau memiliki tampilan yang kurang detail, setidaknya kamu dapat memainkan gim lebih mulus dan tanpa lag.

(Michael Alementa/Ysl)

Loading