Sukses

Menjajal Redmi Note 8 Pro dengan Kamera 64MP

Liputan6.com, Jakarta - Redmi Note 8 Pro meluncur di Indonesia pada Oktober lalu. Smartphone ini merupakan salah satu andalan Xiaomi yang dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik, termasuk kamera utama dengan resolusi 64MP.

Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone pertama yang hadir di Indonesia dengan kamera 64MP. Smartphone yang disokong chipset MediaTek Helio G90T ini diperkuat baterai dengan kapasitas yang besar yakni 4.500mAh.

Xiaomi menjual Redmi Note 8 Pro dengan harga mulai dari Rp 3.099.00 di Indonesia. Lantas bagaiamana performa smartphone ini? Berikut hasil review tim Tekno Liputan6.com yang telah mencoba Redmi Note 8 Pro selama beberapa waktu:

Desain

Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Redmi Note 8 Pro memiliki layar IPS LCD berukuran 6,53 inci (1.080 x 2.340 piksel) dengan desain waterdrop notch. Lubang di atas layar merupakan tempat untuk kamera depan.

Smartphone ini hanya memiliki dua tombol fisik yang berfungsi untuk volume dan on/off. Kedua tombol ini berada di sisi kanan.

Sisi kanan Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Kemudian di bodi bagian bawah, terdapat speaker grill, port USB Type-C, dan audio jack 3.5mm. Xiaomi meletakkan tray kartu SIM dan microSD di sisi kiri.

Sisi bawah Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Fitur pemindai sidik jari berada di dekat lensa kamera belakang. Empat kamera belakang Redmi Note 8 dilengkapi dengan LED flash.

Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone segmen menengah dengan desain premium. Tampilannya dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang.

Smartphone dengan berat 200 gram ini terasa nyaman digenggam. Hal ini terutama berkat desain lekukan yang ada di sisi kanan dan kiri, sehingga terasa nyaman di dalam genggaman.

2 dari 4 halaman

Hasil Kamera

Keunggulan utama Redmi Note 8 adalah sensor 64MP pada kamera utamanya. Xiaomi mengklaim kemampuan kamera utamanya bisa menghasilkan foto dengan kualitas baik jika dicetak setinggi 3,26 meter.

Selama mencoba smartphone ini lebih dari dua pekan, kamera 64MP menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Warna-warna yang ditampilkan tampak natural.

Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto dalam kondisi siang hari atau cahaya terang, tampak tajam dengan detail yang bagus, bahkan ketika diperbesar atau zoom in. Memang untuk kondisi malam hari, tampak noise pada hasil foto ketika diperbesar, tapi tidak begitu mengganggu.

Untuk pengambilan gambar pada malam hari, ada baiknya memanfaatkan fitur Nihgt mode pada Redmi Note 8 Pro. Fitur ini membuat gambar tampak lebih terang dengan detail yang sedikit lebih baik.

Berikut sejumlah hasil foto dari kamera Redmi Note 8 Pro:

Hasil foto kamera belakang Redmi Note 8 Pro dengan resolusi 64MP (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto kamera belakang Redmi Note 8 Pro dengan 64MP (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto dari kamera belakang Redmi Note 8 Pro dengan resolusi 64MP (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto Redmi Note 8 Pro dengan dengan Night mode (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Redmi Note 8 Pro memiliki empat kamera belakang. Selain 64MP (f/1.9) sebagai kamera utama, tiga lainnya memiliki resolusi 8MP (f/2.2), 2MP (f/2.4) untuk macro, dan 2MP (f/2.2) depth sensor.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 20MP dengan aperture f/2.0. Xiaomi memperkuat smartphone besutannya ini dengan tekenologi Artificial Intelligence (AI) untuk menghasilkan foto yang lebih baik.

Berikut beberapa hasil foto lain dari Redmi Note 8 Pro:

Hasil foto macro dari kamera belakang Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto kamera belakang Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto kamera depan Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto mode Portrait kamera depan Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Fitur-fitur pengambilan gambar pada kamera ini antara lain Slow Motion, Short Video, Video, Portrait, Night, Panorama, dan Pro. Untuk mode Pro, pengguna bisa membuat pengaturan sendiri untuk pengambilan gambar layaknya pada kamera profesional, seperti ISO dan lensa yang digunakan.

3 dari 4 halaman

Performa

Unit yang kami review adalah versi RAM 6GB dan memori internal 128GB. Smartphone ini disokong chipset Mediatek Helio G90T, dan berbasis OS Android 9.0 dengan MIUI 10. Saat kami menulis review ini, Selasa (10/12), Redmi Note 8 Pro sudah menerima update ke MIUI 11.0.1.

Kapasitas media penyimpanan yang cukup besar, membat pengguna lebih leluasa untuk mengunduh aplikasi dan menyimpan berbagai konten, seperti foto dan video.

Selama mencoba smartphone ini, kami tidak menemui lag dan pengalaman penggunannya berjalan dengan baik.

Pembukaan aplikasi pun berlangsung cepat, meski sedang ada beberapa aplikasi di latar belakang. Namun memang ketika menggunakannya dalam waktu sekitar setengah jam, bodinya mulai terasa hangat.

Kami pun mencoba bermain gim PUBG Mobile dengan Redmi Note 8 Pro. Berdasarkan spesifikasinya, sistem PUBG Mobile pun menerapkan grafis High untuk dimainkan pada smartphone ini.

Saat bermain selama kurang lebih 30 jam, tidak ada lag dan permainan berjalan dengan lancar. Saat selesai bermain, bodi Redmi Note 8 terasa hangat.

Pengaturan grafis PUBG di Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Pengalaman bermain masih terasa cukup baik dengan layar yang cerah, dan speaker menghasillkan suara cukup keras.

Berdasarkan pengujian benchmark AnTuTu, Redmi Note 8 Pro mendapatkan skor 281.717.

Skor benchmark Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Smartphone ini memiliki sejumlah fitur keamanan yaitu password, fingerprint, face unlock, unlock with Bluetooth device. Untuk sensor sidik jari, letaknya berada di bawah kamera belakang. Fitur ini membuka kunci perangkat dengan cepat.

Kualitas audio Redmi Note 8 Pro pun cukup baik. Layar yang cerah dan audio yang baik, membuat pengalaman menonton video dan mendengarkan musik terasa menyenangkan.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Memang tak ada produk yang sempurna. Terlepas dari kekurangan Redmi Note 8 Pro seperti bodinya yang cepat terasa hangat, dan noise pada hasil foto, Redmi Note 8 Pro tetap bisa memikat hati konsumen.

Secara keseluruhan, Redmi Note 8 Pro bisa menjadi salah satu pilihan konsumen jika ingin mendapatkan smartphone dengan berbagai fitur menarik. Hal ini terutama karena kamera utama 64MP yang menjanjikan. Harga jualnya yang berkisar Rp 3 jutaan juga masuk akal dengan kemampuan yang ditawarkan.

Harga penjualan offline Redmi Note 8 Pro dimulai dari Rp3.099.000 untuk varian 6GB/64GB, dan Rp3.499.000 untuk varian 6GB/128GB.

Spesifiksi:

- Layar: IPS LCD 6.53 inci (84.9% screen-to-body ratio) dengan resolusi 1080 x 2340 piksel

- Pelindung layar Corning Gorilla Glass 5

- OS: Android 9.0 (Pie), MIUI 10

- Chipset: Octa-core MediaTek Helio G90T

- RAM: 6GB/8GBMemori internal: 64GB/128GB

- Kamera belakang: 64MP, f/1.9 (utama)

8MP, f/2.2 (ultrawide)

2MP, f/2.4 (macro)

2MP, f/2.4 (depth sensor)

Kamera depan: 20MP, f/2.0

Baterai: 4500mAh, 18W

Dimensi: 161.4 x 76.4 x 8.8mm

Berat: 200gram

Fitur-fitur lain: fingerprint dan face unlock

(Din/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Usung Kamera 100MP dan Lubang di Layar, Ini Harga Xiaomi Mi 10?
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Umumkan Mi 10 Bersamaan dengan Peluncuran Samsung Galaxy S20