Sukses

Maksimalkan Layanan, Line Fokus Bangun Infrastruktur dan Jaga Privasi Pengguna

Liputan6.com, Jepang - Perusahaan aplikasi pesan instan Line Corp mengaku masih berupaya membangun infrastruktur teknologi dalam mengembangkan layanan aplikasinya. Line beranggapan pembangunan infrastruktur hal paling penting dalam mengembangkan layanannya. 

Hal tersebut diungkapkan Chief Technology Officer Line Corp Euivin Park saat menjadi pembicara dalam Forum Line Developer Day 2019, di Grand Nikko Hotel, Daiba, Tokyo, Kamis, 21 November 2019.

"Line ingin mempercepat siklus infrastruktur sebab infrastruktur menjadi salah satu faktor pendukung penting dalam kelangsungan layanan. Saat ini, Line memiliki server fisik sebanyak empat puluh ribu unit," ujar Chief Technology Officer Line Corp Euivin Park.

Dengan teknologi yang dapat mengotomatisasi proses, Line ingin memperkecil jeda antara siklus hidup produk dan proses pengembangan. Sebab, siklus hidup produk dapat berlangsung lebih lama, sementara siklus pengembangan tergolong singkat.

Chief Technology Officer (CTO) Line Corp, Euivin Park

Untuk menangani hal ini, Line mengaku berfokus pada penerapan perangkat lunak pada infrastruktur inti produknya, juga pada elemen perangkat keras, sehingga mampu menghadirkan performa dan pengalaman terbaik untuk pengguna.

Penerapan perangkat lunak juga akan dilakukan pada infrastruktur terkait dengan fitur. Dengan mempersingkat siklus, Line berharap dapat memperoleh umpan balik secara lebih cepat dan baik.

2 dari 3 halaman

Line Verda

Salah satu infrastruktur yang digunakan Line untuk manajemen infrastruktur internalnya adalah proyek OpenStack bertajuk Line Verda. Disinggung soal kepastian keamanan privasi saat perusahaan menggunakan layanan komputasi awan publik atau privat, Park menilai kedua layanan ini tidak memiliki perbedaan berarti. 

Park menyebut setiap perusahaan, termasuk Line, tidak hanya akan berdiam diri dan menikmati manfaat yang dihadirkan layanan komputasi awan tanpa melakukan upaya dalam menjaga keamanan dan privasi pelanggan mereka.

Untuk perusahaannya, Park menyebut Line menciptakan sejumlah pedoman yang diterapkan pada setiap pengembangan produk.

"Line juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan pemeriksaan guna menjamin keamanan dan privasi pengguna aplikasinya," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Privasi Pengguna

Tak hanya soal pembangunan infrastruktur teknologi, Line Euvin juga menekankan pentingnya menjaga privasi penggunannya.

Privasi juga menjadi salah satu hal yang ditekankan Line pada acara ini, sekaligus menegaskan bahwa perusahaan teknologi ini juga mengedepankan privasi penggunanya. 

"Komitmen menjaga privasi pengguna juga diwujudkan Line melalui upaya meningkatkan kemampuan teknologi karyanya," ucap dia.

Park mengklaim Line terus menyempurnakan sistem yang diusungnya, sehingga pengembang tidak kesulitan dalam menangani data lokal ataupun menangani data tersebut dengan cara serampangan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Tantangan dan Solusi Line Saat Kembangkan Aplikasi
Artikel Selanjutnya
Line Mini App Siap Bantu Pebisnis Optimalisasi Layanan