Sukses

Profil Belva Devara, Pendiri Ruangguru yang Jadi Staf Khusus Baru Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Adamas Belva Syah Devara atau biasa dikenal dengan nama Belva Devara baru saja ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai staf khusus presiden.

Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990 ini merupakan co-founder dan CEO dari startup yang bergerak di bidang pendidikan (edutech) Ruangguru. Ia membentuk perusahaan bersama sahabatnya, Iman Usman.

Belva Devara berhasil meraih gelar ganda, yaitu MBA (Master of Business Administration) Stanford University dan Harvard University dengan jurusan Public Policy.

Usai menyelesaikan studinya, pada 2016 ia kembali ke Tanah Air demi fokus membesarkan Ruangguru yang sebelumnya telah dikelola oleh Iman Usman.

Belva Devara masuk dalam daftar 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia oleh Forbes Magazine pada 2017.

 

2 dari 3 halaman

Sempat Jadi Seorang Konsultan

Saat ditanya mengapa memilih bidang pendidikan untuk pekerjaannya, Belva menjawab, "Tingkat kenaikan diukur dari pendidikan. Pendidikan itu penting. Saya sekarang bisa sampai seperti saat ini karena termasuk orang yang peduli dengan pendidikan. Satu-satunya cara untuk menuntut juga hanya dengan pendidikan."

Kini kesibukan di Ruangguru menjadi rutinitas Belva sehari-hari, tepatnya sejak dia menjadi founder Ruang Guru. Tak pelak, waktu berkumpul bersama keluarga jarang ia dapatkan.

Kebiasaan tinggal di asrama sejak usia 14 tahun, membuatnya rindu masa-masa berkumpul bersama keluarga. Bahkan ia juga sempat menjadi seorang konsultan yang mengharuskannya bekerja pada saat hari libur. Kemudian kembali lagi tinggal di Amerika untuk melanjutkan kuliah.

3 dari 3 halaman

Makna Keluarga Bagi Belva Devara

Terhitung 13 tahun sudah dirinya jauh dari orang tua, sehingga membuat Belva selalu ingin menikmati waktu bersama keluarga sejak dirinya kembali ke Jakarta dan sedang tidak bekerja.

Meskipun hanya sekadar makan atau nonton bersama keluarga, dirasa olehnya itu adalah kebahagiaan yang luar biasa.

Walau tidak pernah mempunyai waktu khusus untuk liburan, Belva mengaku masih bisa berlibur. Itu ia lakukan ketika dirinya ada pekerjaan ke luar kota atau ke luar negeri.

"Paling kalau liburan ya sekalian pas ada kerjaan aja, kayak minggu depan ini kan mau ke Manila, sekalian berlibur. Karena kalau khusus mempersiapkan waktu untuk liburan tidak bisa, menjadi founder saja sibuk banget," ungkap Belva saat ditanya usai mengisi acara Inspirato Liputan6.com.

Pemuda yang hobi berolahraga gym ini mengaku tidak pernah bosan menjalani kesibukan bekerja setiap harinya, karena ia senang dengan apa yang ia lakukan dan tidak ingin mengecewakan orang banyak.

(Isk/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Staf Khusus Presiden Janjikan Dana Gratis Rp20 Juta bagi Pelaku Usaha Fashion, Apa Syaratnya?
Artikel Selanjutnya
Staf Khusus Milenial Jokowi Gunakan Gajinya untuk Program CiptaNyapta