Sukses

Mate 30 RS, Smartphone Tercanggih Huawei Seharga Rp 32,6 Juta

Liputan6.com, Munich - Huawei baru saja meluncurkan meluncurkan flagship smartphone terbarunya, yaitu Mate 30 dan Mate 30 Pro. Ini menjadi smartphone kelas atas Huawei saat ini.

Selain kedua varian tersebut, Huawei juga mengenalkan varian lain yang diklaim eksklusif, yaitu Mate 30 RS. Smartphone ini menyandang status smartphone edisi terbatas karena merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan otomotif Porsche.

"Ini smartphone yang menggambarkan ciri khas Porsche yang memiliki garis lugas seperti di mobil sport," ujar Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business Group dalam peluncuran di Mate 30 Series di Munich, Jumat (20/9/2019).

Sebagai smartphone eksklusif, Mate 30 RS dibanderol dengan harga 2095 Euro atau setara dengan Rp 32,6 juta (Rp 15.589 per Euro). Lalu apa yang ditawarkan smartphone dengan harga setinggi itu?

Huawei Mate 30 RS Edisi Terbatas. Liputan6.com/Ilyas Praditya

Smartphone ini memiliki dimensi 158.1mm x 73.1mm x 9.3mm dan mengusung layar 6.53 inci berjenis OLED. Berbeda dengan case Mate 30 dan 30 Pro, Mate 30 RS ini dilapisi kulit dan menawarkan dua warna, yaitu Hitam dan Merah.

Soal kamera, tak perlu diragukan lagi, sebagai smartphone termahal Huawei, Mate 30 Pro RS ini memiliki empat kamera belakang dengan konfigurasi lensa 40 MP SuperSensing Camera, 40 MP Cine Camera, 8MP Telephoto Camera, dan 3D Depth Sensing Camera. Sementara kamera depannya beresolusi 32 MP.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Lengkap

Huawei Mate 30 RS Edisi Terbatas. Liputan6.com/Ilyas Praditya

Masuk ke dapur pacu, Mate 30 RS tidak berbeda dengan Mate 30 Pro, yaitu dibekali chipset Kirin 990 5G dan OS EMUI 10 berbasis Android 10. Hanya, Mate 30 RS ini memiliki RAM dan memori lebih besar, yaitu 12 GB dan 512 GB.

Soal sumber daya, Huawei membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 4.500 mAH dan kemampuan pengisian daya cepat 40 W dan pengisian daya nirkabel 27 W.

Sama seperti Mate 30 Series lainnya, yang menarik dari smartphone ini adalah desain minim tombol di setiap sisinya. Hanya ada tombol power yang tersemat pada bodi smartphone ini. Sementara tombol volume diganti dengan sensor tangan.

Mengingat statusnya yang eksklusif, masing-masing negara di dunia nantinya hanya diberi jatah tertentu ketika smartphone ini dipasarkan. Mate 30 Series baru akan dipasarkan di Indonesia sekitar November 2019 nanti.

Begitu juga mengenai harga, Mate 30 RS ini masih mengacu pada harga pasar di Eropa sebagai lokasi peluncuran. Huawei belum mengkonirmasi berapa harga untuk pasar Indonesia.

(Ilyas Praditya/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Beda dari Galaxy Fold dan Mate X, Begini Tampilan Smartphone Layar Lipat Milik LG?
Artikel Selanjutnya
Peluncuran Global Huawei P40 Bakal Sesuai Rencana