Sukses

Tanya Tekno: Apa Solusi untuk "Tegangan Daya terlalu Tinggi"?

Mengapa setiap saya mengisi baterai selalu, tercantum keterangan "TEGANGAN MENGISI DAYA TERLALU TINGGI. GANTI PENGISI DAYA UNTUK MELAKUKAN PENGISIAN"?

Liputan6.com, Jakarta - Saya pemakai smartphone realme C2. Pertanyaan saya, mengapa setiap saya mengisi baterai, selalu tercantum keterangan "TEGANGAN MENGISI DAYA TERLALU TINGGI. GANTI PENGISI DAYA UNTUK MELAKUKAN PENGISIAN".

Lau bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih. Didik, Surabaya.

___

Halo, Didik. Terima kasih banyak atas pertanyaannya. Sebelum menjawab, kami asumsikan bahwa Anda menggunakan pengisi daya orisinal atau pihak ketiga yang spesifikasinya sesuai dan masih berfungsi normal. 

Menurut analisis kami, pemberitahuan seperti ini muncul karena kemungkinan ada masalah pada resistor pengatur suhu pada jalur pengisian baterai. Tipe resistor ini biasa disebut termistor.

Salah satu penyebab masalah ini antara lain kebiasaan menggunakan ponsel sambil melakukan pengisian daya baterai. Untuk solusi, perlu dilakukan penggantian termistor tersebut.

Demikian jawaban kami. Mudah-mudahan membantu. Saran kami, jika ponsel sudah normal, hentikan kebiasaan menggunakan ponsel sambil mengisi daya baterai. Terima kasih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kirim Pertanyaan

Pertanyaan ini dijawab oleh Zhillan, yang merupakan Technical Strategy Urgent.id. Adapun Urgent.id adalah startup asal Bandung yang memfokuskan layanan pemesanan servis ponsel, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Buat kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini