Sukses

Ini Tarif Langganan Gim di Apple Arcade

Liputan6.com, Jakarta - Apple akan membebankan tarif 4,99 USD per bulan atau sekitar RP 70 ribuan untuk layanan gim terkurasi di Apple Arcade. Demikan menurut laporan 9to5Mac yang Tekno Liputan6.com kutip pada Rabu (21/8/2019).

Sebelumnya Apple telah membuka early access program untuk Apple Arcade dan 9to5Mac ikut serta dalam program itu. 9to5Mac menyebut informasi soal tarif ini tersedia di salah satu API yang digunakan oleh aplikasi di App Store.

Menurut pesan promosi yang ditemukan di layanan tersebut, tarif langganan Apple Arcade adalah USD 4,99 per bulan. Pengguna akan mendapatkan uji coba gratis selama satu bulan.

Namun harus digarisbawahi, informasi ini masih belum resmi dan bersifat final. Bisa saja ada perubahan hingga tanggal rilis layanan ini pada 10 September mendatang ketika Apple akan mengumumkan iPhone baru.

Gagasan di balik layanan ini adalah pengguna akan membayar tarif bulanan tetap untuk dapat memainkan gim terkurasi di layanan ini.

Setiap langganan juga akan memungkinkan enam anggota keluarga untuk mengakses layanan ini dan mereka akan dapat mengakses Apple Arcade di iPhone, iPad, Mac dan Apple TV.

2 dari 2 halaman

Apple Kucurkan Rp 7 Triliun untuk Investasi di Industri Gim

Diwartakan sebelumnya, Apple mengucurkan uang ratusan miliar dolar untuk berinvestasi di bidang video gim. Menurut sejumlah orang di Apple, video gim akan masuk dalam layanan berlangganan gim Apple Arcade.

Pengeluaran investasi dengan nilai yang tak sedikit ini menunjukkan betapa seriusnya Apple menjadikan gim sebagai sumber pendapatan baru dengan metode langganan.

Mengutip Financial Times, Rabu (17/4/2019), sebelumnya Apple mengumumkan Apple Arcade bulan lalu di Cupertino, California.

Apple bertujuan untuk mendorong sumber pendapatan baru dan lebih dapat diprediksi dari layanan online lantaran pertumbuhan penjualan menurun untuk iPhone.

Menurut prediksi sejumlah analis, gim berlangganan akan membentuk bisnis bernilai multimiliar dolar bagi AS dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, untuk membangun bisnis ini Apple butuh investasi tak sedikit untuk kesuksesan layanan Arcade mereka.

Sejumlah orang yang terlibat di dalamnya mengatakan, Apple telah menggelontorkan sejumlah miliar dolar untuk lebih dari 100 gim yang telah dipilih untuk diluncurkan di Arcade.

Kabarnya, total Apple menggelontorkan anggaran sekitar USD 500 juta atau setara Rp 7 triliun.

(Why/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Trio iPhone 11 Dijual Besok, Apple Jewel Tak Buka Antrean
Artikel Selanjutnya
Penjualan iPhone 11 Mulai Besok, Antrean di Apple Orchard Sudah Mengular