Sukses

Pentingnya Kolaborasi Online di Era Transformasi Digital

Koordinasi dan komunikasi kini tidak lagi dibatasi dengan kubikel dan ruang rapat, namun bisa dilakukan di mana saja.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dengan cloud communications (komunikasi suara dan data berbasis Internet) mendorong kolaborasi ke level berikutnya atau disebut cognitive collaboration.

Konsep ini mengubah cara kita berkomunikasi dan berkolaborasi, bertukar informasi atau data secara mudah, nyaman, dan aman, sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna.

Dalam seminar bertajuk “Cognitive Collaboration-The Next Level of Digital Transformation” di Jakarta, belum lama ini, PT Multipolar Technology Tbk dan Cisco membahas manfaatkan teknologi tersebut di era transformasi digital.

"Perbedaan lokasi, jarak, dan waktu jangan sampai menghambat aktivitas kita. Koordinasi dan komunikasi kini tidak lagi dibatasi dengan kubikel dan ruang rapat, namun bisa dilakukan di mana saja sehingga kinerja dan produktivitas tetap terjaga,” kata Yohan Gunawan, Group Head Infrastructure Hardware PT Multipolar Technology Tbk, melalui keterangannya, Rabu (7/8/2019).

Cognitive collaboration merupakan konsep yang diusung Cisco guna memudahkan komunikasi yang tidak melulu dilakukan di ruang rapat maupun kubikel kerja, dengan memanfaatkan solusi Cisco Webex.

Kesibukan dan situasi yang kurang kondusif seperti jadwal rapat yang padat dan kemacetan di jalan seringkali menghambat kelancaran komunikasi dan produktivitas.

Hal itu kini tidak perlu dikhawatirkan lagi karena ada solusi Cisco Webex yang memungkinkan kolaborasi tanpa batas, melalui tatap muka secara virtual.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Virtual

Cisco Webex merupakan platform kolaborasi online yang memudahkan penggunanya dalam berkolaborasi lewat gambar, video, dan suara dari manapun dengan mudah, nyaman dan aman.

Para pengguna dapat melakukan pertemuan secara virtual melalui video conference di manapun dan kapanpun melalui perangkatnya masing-masing dalam waktu bersamaan--tanpa membutuhkan ruang rapat khusus, namun tetap terjamin keamanannya.

Cisco Webex dapat diintegrasikan dengan sistem video conferencing apa saja sehingga memudahkan komunikasi dari perangkat apa saja, dimana saja dan kapan saja, dengan dukungan kualitas video yang tajam hingga Full HD.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.