Sukses

OPINI: 3 Tantangan Terbesar Jaringan Wi-Fi Luar Ruangan

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang Anda pertimbangkan ketika akan menggunakan jaringan wireless luar ruangan (outdoor) untuk bisnis? Apakah koneksinya cepat dan bisa diandalkan?

Jaringan wireless outdoor, walaupun prinsip dasarnya cukup mirip dengan jaringan wireless indoor, ia juga memiliki keunikan-keunikan yang membuatnya berbeda, yang sering kali lebih menantang dalam pemasangannya.

Dengan semakin banyaknya pengguna yang menuntut akses yang aman dan bisa terhubung di mana saja, pentingnya jaringan wireless outdoor pun semakin meningkat.

Tantangan terbesar dalam penerapan jaringan wireless outdoor adalah interferensi, yang dapat disebabkan oleh faktor-faktor luar seperti radar dan peralatan cuaca, base tower penyedia layanan yang terbuat dari logam, gedung tinggi, atau access point lainnya yang menggunakan frekuensi 5GHz.

Dalam lingkungan Wi-Fi yang padat, interferensi menghasilkan kinerja Wi-Fi yang buruk, koneksi yang sering terputus dan pemutaran video yang dirasa lambat.

Tantangan kedua adalah mencapai throughput maksimum dalam jarak jauh. Ketika jaringan outdoor membentang jauh, benturan frekuensi radio Wi-Fi sering terjadi karena transmisi serentak dari beberapa titik. Hal ini mengakibatkan access point/station tidak dapat mendeteksi transmisi satu sama lain.

Tantangan ketiga adalah bagaimana beradaptasi dengan lingkungan luar yang sangat dinamis. Misalnya perbedaan musim, pola cuaca, pohon dan bukit di daerah pedesaan, lingkungan terbatas di mana sinyal wireless sering terblokir, dan beberapa hal lainnya yang dapat memengaruhi kinerja Wi-Fi outdoor.

Atasi Tantangan

Untuk mengatasi tantangan-tantangan jaringan Wi-Fi outdoor di atas, EnGenius memperkenalkan EnGenius EnJet, AP/CPE luar ruangan jarak jauh.

Teknologi berbasis Time Division Multiple Access ini menghadirkan throughput maksimum yang stabil, pengurangan benturan dan interferensi, serta kemampuan untuk bertahan dalam lingkungan yang sulit.

Access point outdoor dari EnGenius EnJet dirancang dan diciptakan khusus untuk jaringan jarak jauh dan mentransfer data yang besar dengan kecepatan wireless yang konsisten.

Hal ini mengatasi tantangan pertama, yaitu interferensi, dengan membagi sinyal ke dalam slot waktu yang berbeda dan menugaskannya ke setiap stasiun bahkan ketika tuntutan bandwidth meningkat dan perangkat ditambahkan. Hal ini akan secara signifikan mengurangi interferensi dan pada saat yang sama meningkatkan kinerja Wi-Fi.

Pada access point tradisional berbasis teknologi Carrier Sense Multiple Access (CSMA), jauhnya jarak akan meningkatkan latensi dan mengurangi throughput secara eksponensial atau menyeluruh.

EnGenius EnJet pun mengatasi tantangan kedua, yaitu pencapaian throughput maksimum dalam jarak jauh, dengan menetapkan slot waktu yang telah ditentukan sebelumnya untuk setiap stasiun yang terhubung sehingga throughput akan lebih cepat dan stabil dalam skenario jarak jauh.

Ketika pengujian di lapangan dilakukan, berdasarkan 3KM line-on-sight point-to-point, AP EnGenius EnJet mencapai hingga 350Mbps, dibandingkan dengan CSMA tradisional yang hanya berhasil mencapai 110Mbps.

EnGenius EnJet juga menawarkan kinerja tinggi yang berkelanjutan dengan mengoordinasikan urutan transmisi data dari berbagai sumber. Meningkatkan jumlah access point/station di jaringan Anda tidak akan melemahkan kinerja secara dramatis.

Ketahui Peringkat IP

Untuk mengatasi tantangan ketiga, yaitu lingkungan yang sulit dan dinamis, setiap pengguna pertama-tama perlu mengetahui peringkat IP dari access point untuk memastikan bahwa access point tersebut dapat memenuhi tuntutan spesifik dari lingkungan di mana mereka diterapkan.

Access point Wi-Fi outdoor dari EnJet dirancang untuk bekerja di lingkungan yang sulit, dengan casing berperingkat IP-55 yang tahan air dan debu, yang melindunginya dari sinar matahari, cuaca yang sangat dingin, es, salju, hujan, kelembaban, dan banyak lagi.

Access point Wi-Fi outdoor dari EnGenius EnJet menghadirkan sinyal Wi-Fi yang stabil dan jangkauan area yang luas yang mendukung streaming video berkualitas tinggi dalam wireless surveillance untuk keamanan kota, pengawasan konstruksi, dan pengawasan lift gedung, di mana outlet listrik termasuk langka atau tidak tersedia.

Wi-Fi yang andal juga penting dalam komunikasi M2M. Hal tersebut memungkinkan mesin berkomunikasi, untuk mengumpulkan, menyimpan, dan bertukar data; secara mandiri membuat keputusan yang sesuai; dan melakukan tugas dengan intervensi manusia yang sangat minim.

Dengan demikian, tantangan dalam penerapan Wi-Fi outdoor kini tidak lagi menjadi masalah. EnGenius EnJet dengan kinerja yang tangguh dan stabil akan meningkatkan bisnis Anda dengan menghemat waktu dan uang di saat yang sama.

**Penulis adalah Lawrence Lim, Regional General Manager (Asia Pasifik & Timur Tengah), EnGenius Networks (S) Pte Ltd.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
OPINI: Apakah Super App Anda Sudah Super Aman?