Sukses

Bermain Color Splash Menggunakan Snapseed

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti pernah melihat foto dengan latar hitam putih, namun terdapat satu objek dengan warna lain. Terkadang, warna yang berbeda menjadikan satu titik fokus untuk orang yang melihatnya.

Gambar tersebut mempunyai teknik bernama selective coloring atau menyeleksi sebagian objek yang ingin diwarnai. Juga dikenal dengan teknik color splash.

Untuk menyeleksi objek, diperlukan aplikasi yang dapat memperindah gambar yang dihasilkan. Salah satu aplikasi yang bisa kamu pilih adalah Snapseed.

Bagi sebagian orang, pasti sudah tahu aplikasi ini. Ya, aplikasi Snapseed dapat digunakan melalui perangkat Android atau iOS.

Berikut Tekno Liputan6.com rangkum dari Makeuseof, Selasa (16/7/2019), mengenai cara mengaplikasikan warna dalam foto monokrom dengan Snapseed.

Pertama, buka aplikasi Snapseed, pilih gambar yang ingin diwarnai, lalu klik 'Tool' lalu pilih 'Black & White'.

Gambar yang memiliki banyak warna, seketika langsung berubah menjadi warna hitam dan putih saja. Untuk menerapkan filter, cukup ketuk centang pada ikon tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Pilih Layer Settings

Kedua, klik ikon 'Layer Settings' yang berbentuk kubus dengan panah, yang terletak di sudut kanan atas. Setelahnya, Lihat Suntingan pada menu yang terbuka.

Ketiga, klik filter 'Black & White'. Lalu pilih ikon 'Stack Brush', yang berada di tengah antara ikon tempat sampah dan ikon tiga garis vertikal. Kalau sudah, pilih objek yang ingin dibedakan warnanya.

Keempat, dalam pengaturan Brush, klik ikon 'Invert'. Kemudian kurangi parameter hitam putih menjadi angka 0 (nol). Setelah itu, ketuk ikon 'Mask' untuk menutupi seluruh gambar dengan warna merah.

 

3 dari 3 halaman

Langkah Selanjutnya

Kelima, gunakan jari sebagai pengganti kuas untuk menyeleksi gambar yang ingin diwarnai. Kamu bisa mengubah ukuran kuas dalam bentuk besar atau kecil.

Misalnya, gunakan kuas kecil untuk mewarnai gambar dengan medium yang kecil pula. Gunakan kotak navigasi berwarna biru untuk bergerak di sekitar gambar.

Terakhir, klik ikon centang sebagai tanda selesai mewarnai. Simpan gambar ke galery dengan klik Export > Save dalam menu aplikasi.

(Linda Fahira Putri)

Loading