Sukses

Cek 3 Aplikasi Pengatur Keuangan agar Pengeluaran Lebaran Tidak Jebol

Berikut ini adalah tiga aplikasi untuk membantu mengatur keuangan agar pengeluaran selama Lebaran terkontrol.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tak dimungkiri banyak di antara kamu yang sudah mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Dana tambahan ini kerap dipergunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di hari Lebaran.

Beberapa hal yang biasanya dilakukan adalah membeli pakaian baru, smartphone baru, atau berbagi dengan sanak saudara.

Namun, hal yang kadang terlupa saat menerima THR adalah mencatat pengeluaran dari dana tersebut. Hal ini penting agar usai Lebaran kamu masih memiliki dana dan mungkin saja dapat ditabung kembali.

Nah, untuk membantu kamu mencatat pengeluaran selama Lebaran, Tekno Liputan6.com akan merekomendasikan tiga aplikasi finansial untuk mempermudah kamu mengatur keuangan.

1. Toshl Finance

Aplikasi ini merupakan salah satu pencatat keuangan yang cukup populer. Toshl Finance memungkinkan kamu mencatat jumlah penghasilan dan pengeluaran selama kurun waktu tertentu.

Salah satu keunggulan Toshl Finance adalah mampu melakukan sinkronisasi data pengguna secara otomatis. Jadi, kamu dapat mengakses data dari satu akun yang sama melalui beberapa perangkat, termasuk situs web.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Money Manager Expense & Budget

Serupa Toshl, aplikasi ini dapat digunakan untuk mencatat pengeluaran, termasuk aset pribadimu. Aplikasi ini nantinya dapat memberikan ulasan mengenai data finansialmu selama harian, mingguan, termasuk bulanan.

Moneya Manager Expense & Budget juga menghadirkan fitur passcode untuk menambah privasi data finansialmu. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menghadirkan fungsi manajemen kartu kredit maupun debet.

Kamu juga dapat melakukan backup dan mengubah formatnya ke dalam file Excel. Aplikasi ini memang gratis, tapi kamu perlu merogoh kocek untuk layanan bebas iklan dan daftar aset tidak terbatas.

3 dari 3 halaman

3. Money Lover: Money Manager, Budget Expense Tracker

Money Lover: Money Manager, Budget Expense Tracker merupakan salah satu aplikasi finansial terbaik untuk Android. Hal itu itu terbukti dengan masuk dalam daftar aplikasi Android terbaik 2017.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur penting, seperti money manager, budget planner, hingga goal wallet. Kamu juga dapat menghubungkan aplikasi ini dengan akun bank yang dijamin keamanannya.

Sama seperti aplikasi ini, Money Lover: Money Manager, Bugdet Expense Tracker ini dapat diunduh secara gratis. Namun, kamu bisa mengakses beberapa layanan tambahan, termasuk bebas iklan dengan mendaftar menjadi akun premium.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.