Sukses

6 Tips Fotografi Portrait Ciamik ala Diera Bachir dengan HUAWEI P30 Pro

Liputan6.com, Jakarta Fotografi portrait kini menjadi tren dikalangan milenial, banyak hasil jepretan portrait ini diunggah ke social media seperti instagram oleh para pecinta fotografi. Kemampuan menjadikan manusia sebagai subyek foto yang paling memikat dan paling menarik untuk diabadikan menjadi teknik fotografi yang paling banyak dan paling biasa dilakukan oleh orang.

“Foto portrait itu dapat mengabadikan karakter seseorang, kita bisa mengeksplorasi ekspresi terbaik dari si subyek foto, sekaligus pada saat yang sama mengeluarkan kedalaman field dan tone-nya,” tutur Diera Bachir, pakar fotografi fesyen dan pernikahan saat sesi workshop HUAWEI NEXT-IMAGE Masterclass bertema Portrait pada Minggu (19 Mei 2019), di Kedai Kopi 89 di Kemang, Jakarta.

Di acara yang khusus bagi pengguna smartphone HUAWEI ini, Diera berbagi pengalamannya menggunakan HUAWEI P30 Pro. Untuk menghasilkan foto portrait yang mengesankan, sedikitnya ada 6 hal yang harus dikuasai pengguna smartphone HUAWEI P30 Pro.

  1. Ketahui cara mencari angle pemotretan yang bagus
  2. Kuasai pencahayaan, harus pas, jangan over apalagi under.
  3. Kalau menggunakan model, tentukan konsep pemotretannya dan ini nanti terkait dengan wardrobe dan make-up.
  4. Ambil foto portrait jangan terlalu jauh dari subyek foto
  5. Untuk angle dari sisi si subyek, bisa ditanyakan angle mana dari di subyek yang dianggapnya terbaik dan eksplorasi di sana.
  6. Background apapun bisa bagus, asal jangan polos. Apalagi kalau menggunakan HUAWEI P30 Pro yang memiliki efek bokeh multi-layer, akan sayang kalau background polos.

Khusus smartphone HUAWEI P30 Pro, Diera memberikan acungan jempol. “HUAWEI P30 Pro bagus sekali. Dengan lensa Leica-nya, smartphone ini sangat bisa menghasilkan foto yang bagus,” kata Diera. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by * Diera Bachir Photography (@dierabachir) on

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by * Diera Bachir Photography (@dierabachir) on

Kualitas lensa dan teknologi kamera yang dimiliki HUAWEI P30 Pro, membuat Diera tak ragu menggunakan smartphone ini untuk keperluan memotret pro. “Saya suka kemampuan smartphone ini, sehingga kalau bepergian dengan teman-teman, saya suka membawanya dan teman-teman juga sering meminta saya memotret mereka dengan smartphone ini,” ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by * Diera Bachir Photography (@dierabachir) on

 

Di antara fotografi portrait yang paling menarik menurut Diera Bachir adalah foto pernikahan. "Pemotretan pernikahan sangat mengesankan sebab fotografer dituntut mengabadikan momen-momen yang luar biasa dalam kurun waktu yang tak bisa dibalikkan lagi. Runutan acara harus mengalir dan tak bisa diulang. Pengantin menginginkan sesuatu yang bisa dikenang selamanya," ujar Diera.

Selain pernikahan, ada banyak aplikasi lain foto portrait. Tapi ada satu hal penting yang harus ada dalam pemotretan portrait dan menjadi tantangan tersendiri, adalah terjalinnya chemistry antara fotografer dan talent atau model atau si subyek foto. Ada baiknya foto portrait menggunakan konsep sehingga menjadi unik.

"Kalau hal itu sudah terpenuhi, kini tinggal bagaimana mengutilisasi perangkat yang digunakan, dalam hal ini kamera di smartphone," tutur Diera.

 
 
 
View this post on Instagram

My spring journey in Japan. . . Video by @zaki_muhammad_ Editor @kevinjorgie Mua @victoria_makeupatelier

A post shared by * Diera Bachir Photography (@dierabachir) on

HUAWEI P30 Pro dapat menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang luar biasa. HUAWEI telah meningkatkan kualitas efek bokeh para kamera HUAWEI P30 Series dengan menambahkan sensor time-of-flight (ToF) sehingga menghasilkan efek bokeh multi-layer dan kedalaman yang presisi di belakang subyek foto.

Website benchmarking DxOMark memberikan skor tinggi pada kemampuan kamera HUAWEI P30 Series, khususnya P30 Pro, sehingga menduduki peringkat pertama jajaran kamera smartphone terbaik di dunia. Terkait efek bokeh yang dihasilkan smartphone ini, DxOMark menyatakan HUAWEI sungguh menghasilkan peningkatan luar biasa dan P30 Pro sudah menetapkan benchmark baru. Semua berkat salah satunya sensor ToF.

NEXT-IMAGE Masterclass Selanjutnya

Pemandangan indah bisa direkam dengan baik, tak peduli betapa sempit ruangnya, atau seberapa jauh jaraknya, sempurnakan dengan Huawei Ultra-Wide Angle dan Zoom mode melalui HUAWEI NEXT - IMAGE Masterclass - Wide Angle pada 26 Mei 2019 bersama Christina Tan.

Christina Tan adalah seorang influencer di bidang luxury travel yang telah bekerjasama dengan sejumlah penerbitan bergengsi seperti Forbes, Forbes Travel Guide, Condé Nast Traveller, dan berbagai hotel mewah di berbagai belahan dunia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai HUAWEI NEXT - IMAGE Masterclass silahkan kunjungi link berikut ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dapat Update, Kamera Huawei P30 Pro Punya Dual View Mode
Artikel Selanjutnya
Honor 20 Pro Bakal Punya Desain Identik dengan Huawei P30 Pro?