Sukses

Setelah Pixel, Smartphone Huawei Akan Cicipi Android Q

Liputan6.com, Jakarta - Huawei terus berusaha memperkuat posisinya di pasar smartphone.

Kali ini, perusahaan berupaya agar jajaran smartphone flagship besutannya bisa lebih cepat mendapatkan pembaruan ke versi terbaru OS Android.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (11/5/2019), Huawei mengungkapkan sejumlah smartphone flagship miliknya, termasuk dari sub-brand Honor, akan menerima pembaruan ke Android Q secepat mungkin setelah smartphone Google Pixel.

Produk-produk yang dimaksud, seri Huawei P30, Mate 20, Honor View 20, dan Magic 20.

Seperti diketahui, lini Google Pixel selalu menjadi yang pertama mencicipi versi terbaru OS Android. Setelahnya, baru giliran smartphone dari vendor lain dengan waktu beragam.

Jika semua berjalan sesuai rencananya, Android Q diprediksi akan menyambangi smartphone Huawei dan Honor pada September 2019.

Google sendiri diperkirakan merilis Android Q pada akhir Agustus atau awal September.

"Pembaruan akan tersedia secepat mungkin setelah Google merilis versi stabil untuk ponsel Pixel," ungkap Huawei dalam keterangannya.

Pihak Google tidak mengungkapkan jadwal peluncuran Android Q untuk smartphone lain di luar seri Pixel.

2 dari 3 halaman

Android 10 Q Beta 3 Tersedia untuk 21 Varian Smartphone, Apa Saja?

Google telah mengumumkan OS terbaru, Android 10 Q, di Google I/O. Versi beta ketiga OS tersebut pun kini sudah bisa digunakan pada 21 varian smartphone.

Dikutip dari GSM Arena, Android 10 Q versi beta 3 sudah tersedia untuk 21 varian smartphone dari 13 manufaktur. Termasuk di dalamnya seri Pixel dari Google.

Jumlah manufaktur yang berpartisipasi dalam program Android beta ini cukup banyak. Hal tersebut berkat peluncuran Project Treble pada 2017 sebagai bagian dari Android Orea.

Saat Google I/O pada tahun lalu, hanya ada delapan perangkat dari tujuh manufaktur yang bergabung dalam program Android P beta. Kini jumlahnya bertambah menjadi 21 varian smartphone.

Deretan smartphone yang ikut serta dalam program Android 10 Q beta 3 di antaranya, Asus Zenfone 5z, Essential Phone, Huawei Mate 20 Pro, LG G8 ThinQ, Nokia 8.1, OnePlus 6T, Oppo Reno, Realme 3 Pro, dan Sony Xperia XZ3. Selain itu juga ada Tecno Spark 3 Pro, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Xiaomi Mi 9, dan Xiaomi Mi Mix 3 5G.

(Din/Jek)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Daftar Smartphone Nokia dan Xiaomi yang Bisa Jajal Android Q
Artikel Selanjutnya
Ayo Tebak, Apa Nama Resmi Android Q?