Sukses

Tombol Back Raib, Android Q Bakal Seutuhnya Usung Swipe Gesture?

Liputan6.com, Jakarta - Tombol Back di Android merupakan salah satu tombol navigasi yang vital. Ya, tombol ini digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Kabarnya, Android Q akan mengganti tombol Back dengan navigasi swipe gesture atau dengan cara menggeser untuk kembali ke halaman sebelumnya. 

Dilansir 9to5Google pada Sabtu (27/4/2019), bersamaan dengan rilisnya beta terbaru dari Android Q, mereka mengungkap cara untuk kembali ke halaman sebelumnya dengan swipe gesture.

Kabar ini pertama kali diumbar oleh XDA Developers, yang membenarkan kalau swipe gesture menggantikan tombol back pada Android Q.

Belum pasti apakah fitur tersebut akan benar-benar diterapkan Google dalam rilis final Android Q tahun ini.

Gestur baru ini sebetulnya mirip dengan fitur swipe gesture iOS untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Hanya dengan menggeser jari dari sisi paling kiri layar, otomatis layar iPhone akan kembali ke halaman sebelumnya, seperti halnya tombol Back. 

XDA mengungkap bahwa Android 9 Pie memperkenalkan gestur dalam bentuk ikon kapsul yang ada pada bawah layar, gestur ini hanya berfungsi untuk melihat ke recent apps yang telah pengguna pakai, tetapi pada versi ini tombol back masih tetap ada.

Selain itu, XDA juga mengaku kalau Google akan meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan Android Q, yang telah menghilangkan tombol recent apps dan tombol Back dan menggantinya dengan kapsul kecil yang berada pada bawah layar.

Dengan demikian, animasi proses menggeser ke kanan dan ke kiri akan terasa lebih halus.

Perlu diketahui, fitur ini masih dalam pengembangan, belum jelas apakah navigasi ini akan dirilis pada Android Q versi final.

2 dari 4 halaman

Smartphone Pixel Sudah Bisa Cicipi Android Q Beta 1

Google akhirnya merilis versi beta pertama OS Android Q, tapi tidak untuk semua perangkat Android. Sejauh ini, yang bisa mencicipi OS tersebut adalah smartphone Pixel.

Dilansir GSM Arena, Jumat (15/3/2019), smartphone yang sudah bisa mencicipi OS tersebut, Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL.

Ketersediaan untuk Pixel dan Pixel XL dinilai cukup mengejutkan mengingat keduanya sudah melewati waktu dukungan untuk fitur-fitur baru. Namun, belum diketahui apakah keduanya akan mendapatkan versi final Android Q atau tidak.

Para pengguna Pixel bisa mendapatkan software Android Q beta ini melalui program Android Beta. Kemudian, pengguna akan menerima OS tersebut melalui over-the-air.

Android Q Beta 1 ini terutama ditujukan bagi para developer untuk memulai pengujian aplikasi mereka. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik dengan OS ini, harus mempersiapkan diri karena versi beta biasanya belum stabil dan banyak bug.

Jika merujuk pada tahun-tahun lalu, sebagian besar fitur untuk konsumen di Android Q akan diumumkan dalam konferensi Google I/O. Pada tahun ini, acara tersebut akan digelar pada Mei 2019.

3 dari 4 halaman

Android Q Bakal Boyong Face ID dan Screen Recording Bawaan?

Sejumlah informasi mengenai Android Q sudah bermunculan di ranah maya. Beberapa waktu lalu muncul laporan yang menyebutkan OS tersebut akan memiliki fitur pengenalan wajah yang lebih baik.

Selain itu, Android Q juga akan memiliki kemampuan screen recording bawaan. Sebelumnya, untuk melakukan hal tersebut, pengguna Android biasanya memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Ada pula opsi fitur Emergency baru yang dapat diakses dengan tombol Power. Jadi, opsi untuk memanggil nomor darurat yang dapat dihubungi kini muncul bersama opsi power offrestart, dan screenshot.

Tidak hanya itu, Android Q juga akan mendukung 5G dan Wi-Fi WPA3. Kemudian juga ada fitur Sensor Privacy, yang memungkinkan pengguna mematikan akses untuk sejumlah sensor.

(Shintya Alfian/Jek)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Akhirnya Ungkap Nama Baru Android Q, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
Android Q Tawarkan Efisiensi Baterai untuk Headphone Nirkabel