Sukses

Irak Resmi Blokir Fortnite dan PUBG

Liputan6.com, Jakarta - Dirasa memberikan efek negatif untuk anak remaja, pemerintah Irak telah memutuskan untuk melarang gim Fornite dan PUBG beredar di negaranya.

Dikutip dari Reuters via PC Gamers, Kamis (25/04/2019), dampak negatif yang diberikan oleh gim tersebut berimbas pada faktor kesehatan, budaya, dan keamanan masyarakat Irak. Termasuk juga faktor sosial dan ancaman moral kepada anak-anak dan remaja.

Moqtada al-Sadr, seorang ulama dan mantan kepala milisi Tentara Mahdi juga memberikan peringatan, gim PUBG ini membuat pemainnya ketagihan dan dia meminta pemerintah untuk melarang peredaran gim ini di Irak.

"Apa yang kamu dapatkan, jika kau membunuh satu atau dua orang pada gim PUBG? Gim ini bukanlah gim intelijen atau gim militer yang memberikan cara benar untuk berperang" ungkap al-Sadr minggu lalu.

Keputusan pemerintah Irak menimbulkan reaksi negatif dari warganya, menurut berita yang beredar hal ini dipicu bukan karena warganya tidak bisa bermain gim Fornite dan PUBG lagi.

2 dari 3 halaman

Diminta Fokus Terhadap Masalah yang Lebih Penting

Main PUBG Mobile di Nokia 5.1 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lebih lanjut, masalah ini berawal karena warga Irak merasa keputusan larangan gim tersebut harusnya bukan keputusan utama yang diperhatikan oleh pemerintah.

Pemerintah harus fokus terhadap kekerasan sektarian, kekurangan infrastruktur, dan ketidakseimbangan politik terlebih dahulu.

Sejak memerintah pada September 2018, pemerintah hanya mampu mengatasinya dengan menerbitkan satu Undang-undang dan Undang-undang anggaran federal 2019 yang disahkan pada Januari.

 

3 dari 3 halaman

Nepal Blokir PUBG Mobile

Memainkan PUBG Mobile di Huawei Nova 3i (Foto: screenshot) 

Bulan lalu, kepolisian India menangkap 10 orang siswa karena main PUBG Mobile, setelah beberapa kota di Gujarat, India, melakukan pelarangan terhadap gim ini.

Terbaru, Nepal mengarahkan setiap ISP dan operator seluler di negara tersebut untuk melarang permainan itu.

Menurut media setempat, Nepal juga siap untuk menangkap setiap gamers yang memainkan gim ini, pasalnya pemerintah telah menerapkan pelarangan terhadap PUBG Mobile.

Nepal memang jadi salah satu negara yang melakukan pemblokiran terhadap gim PUBG Mobile. Pasalnya, di sana video gim harus dibatasi, karena ada kekhawatiran mengenai kecanduan gim dan tindak penyerangan.

(Shintya Alfian/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Fortnite Bakal Kehadiran Konten Avengers: Endgame, Kapan?
Artikel Selanjutnya
PINC 2019 Berlangsung, Total Hadiah Capai Rp 1 Miliar