Sukses

Apple Bakal Produksi iPhone XS di India

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan sedang bersiap memperluas operasional produksi di India dengan tambahan varian produk baru. Saat ini, Apple hanya memproduksi iPhone SE dan 6S di India, dan proses produksi ditangani oleh Wistron.

Dikutip dari Softpedia, Senin (8/4/2019), Apple disebut juga ingin memproduksi varian di luar iPhone SE dan 6S di India. Varian tersebut tidak hanya iPhone 7, tapi juga yang lebih baru seperti iPhone XS dan XS Max.

Proses produksi ketiga varian iPhone tersebut akan ditangani oleh Foxconn. Produksi awal akan dimulai pada pekan depan. Sementara itu, produksi akan dilakukan pada akhir tahun jika semua berjalan sesuai rencana.

Sementara Apple memperluas produksinya di India, bukan berarti perusahaan memproduksi semuanya itu hanya untuk pasar lokal. Penjualan Apple di India sendiri tidak terlalu besar.

Apple pada 2018, misalnya, hanya mampu menjual 1,7 juta unit dari total 149 juta smartphone yang terjual di India. Dua bulan pertama pada tahun ini, perusahaan hanya mengapalkan 150 ribu unit perangkat ke negara tersebut.

Alasan Apple memperluas tempat produksi iPhone, untuk menciptakan pusat produksi kedua. Saat ini, sebagian besar produksi iPhone berada di Tiongkok.

Mengingat semakin tingginya tensi antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, dipilihnya India sebagai pusat produksi kedua untuk iPhone, bisa membantu Apple terhindar dari perang dagang kedua negara tersebut.

Adapun [Apple]( 3932161 "") sejauh ini belum memberikan pernyataan resmi terkait ekspansi produksi di India.

2 dari 2 halaman

Japan Display Bakal Suplai Layar OLED untuk Apple Watch

Lebih lanjut, sebelumnya beredar laporan tentang Japan Display Inc. (JDI) yang akan menyuplai layar OLED untuk Apple Watch terbaru. Menurut laporan, para investor Tiongkok dan pemerintah Jepang dilaporkan akan mengalirkan dana hampir US$ 1 miliar untuk membantu JDI memasuki pasar produksi OLED. Oleh karena itu, perusahaan disebut akan menyuplai Apple dengan layar OLED untuk Apple Watch terbaru.

Samsung dan LG sejauh ini mendominasi pengiriman OLED untuk iPhone dan Apple Watch. Kehadiran JDI akan membuat penyuplai Apple semakin beragam.

Layar buatan Samsung kemungkinan besar akan tetap menjadi pilihan utama untuk iPhone terbaru. Hal ini karena Samsung dinilai lebih unggul dalam hal keahlian dan skala produksi untuk layar OLED.

Meskipun terlambat memasuki pasar produksi OLED, JDI telah terbukti menjadi mitra terpercaya bagi Apple selama bertahun-tahun. Kehadiran JDI sebagai penyuplai OLED bagi Apple, akan menguntungkan kedua belah pihak.

Bagi Apple, perusahaan akan memiliki semakin banyak mitra penyuplai OLED. Pengapalan smartwatch dilaporkan telah tumbuh lebih dari 40 persen pada tahun lalu, sehingga masih besar ruang untuk tumbuh, dan hal ini menguntungkan JDI sebagai penyuplai OLED untuk Apple Watch.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Apple Bakal Rilis iPhone tanpa Port pada 2021
Artikel Selanjutnya
Smartphone 5G Sumbang 5 Persen untuk Segmen Premium Per Q3 2019