Sukses

Begini Cara Samsung Manjakan Gamer Lewat TV QLED 8K

Samsung sudah menyiapkan sejumlah fitur menarik dan diklaim bakal memanjakan gamer yang tertarik memiliki TV QLED 8K.

Liputan6.com, Singapura - Samsung resmi merilis TV QLED 8K mereka yang berkemampuan Artificial Intelliegence (kecerdasan buatan, AI).

Berkat teknologi AI ini, Samsung mampu meningkatkan beresolusi rendah hingga mendekati kualitas 8K. Alhasil, konten yang tayang di layar bisa menjadi pixel-less.

Walau fitur 8K AI upscaling tidak bisa diterapkan pada saat bermain gim PC, Samsung tetap memberikan sejumlah fitur untuk para gamer. Fitur terdepan adalah memperkuat refresh rate agar gim lebih mulus.

"Jadinya smooth. Hal penting di situ adalah di refresh rate-nya. Untuk di QLED 2019 ini di-enhance refresh rate-nya sehingga sangat nyaman untuk dipakai main gim juga," ujar Senior Product Marketing Manager TV dan Audio Visual Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin, pada ekshibisi Samsung Forum 2019 di Singapura, Senin (28/3/2019).

Fitur bernama Auto Game Mode ini bisa langsung mendeteksi konsol video gim (Xbox, PS4, Steam Link, atau Nintendo Switch) lalu menyesuaikan dengan setting TV.

Dengan begitu, TV juga bisa otomatis mengurangi input lag dari 114 ms ketika menonton TV menjadi 15,4 ms saat bermain gim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Lain TV QLED 8K

Penampakan TV QLED 8K jadi primadona di Samsung Forum 2019. (Liputan6.com/ Tommy Kurnia)

Dua fitur lainnya adalah PQ/Sound Enhancer untuk mengoptimalkan warna atau kontras dan efek suara. Ubay menyebut fitur ini seperti semacam equalizer.

Terakhir, terdapat Dynamic Black Equalizer agar warna gelap bisa tampil tanpa distorsi dan warna cerah tidak mengalami wash out.

"Kadang pada saat menampikan gambar atau scene yang gelap, kadang kita susah membedakan objeknya mana, latarnya mana. Dengan black equalizer ini bisa terlihat," jelas Ubay.

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.