Sukses

Dulu Dianggap Tak Mungkin, 6 Teknologi Ini Sekarang Terwujud

Teknologi modern ini membantu manusia dalam beraktivitas.

Liputan6.com, Jakarta Zaman semakin modern, teknologi juga semakin maju. Berbagai macam teknologi mulai berkembang untuk memudahkan aktivitas manusia sehari-hari. Teknologi-teknologi ini juga terkadang menjadi hal yang sulit untuk dijelaskan bagaimana bisa terbentuk atau tercipta bagi orang-orang yang tidak mengetahuinya.

Semakin hari, teknologi juga semakin berkembang dan berubah-ubah. Mungkin jika beberapa tahun yang lalu, suatu pekerjaan akan terasa sulit untuk dikerjakan atau bahkan lama proses pengerjaannya. Namun karena hadirnya teknologi terbaru, maka pekerjaan bisa menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Perkembangan teknologi memang sangat dibutuhkan seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin beragam. Walau mungkin sebuah teknologi itu hanya angan-angan belaka, hanya sekadar gurauan, atau mungkin hanya sekedar imajinasi yang dimunculkan dalam sebuah film, buktinya sekarang banyak teknologi yang tercipta dan menjadi nyata.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beberapa teknologi yang pada awalnya tidak mungkin, dan tidak terpikirkan sekarang menjadi terwujud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Virtual Assistant

Virtual assistant atau asisten pribadi adalah software atau perangkat lunak yang dapat melakukan tugas atau melakukan pelayanan tertentu bagi suatu individu. Saat ini banyak pengembang teknologi berlomba-lomba untuk membuat virtual assistant mereka masing-masing dengan teknologi dan kepintaran yang berbeda-beda.

Sebelumnya virtual assistant ini belum pernah ada. Namun Virtual assistant pernah menjadi teknologi yang imajinatif pada komik hingga film Iron Man. Jika awal ditemukannya virtual assistant mungkin hanya sebagian orang saja yang dapat menikmatinya. Namun kita semua sekarang dapat menikmati teknologi yang satu ini.

Seperti halnya di handphone yang kita miliki sekarang, sudah tersemat virtual assistant yang membantu kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Contoh dari assistant virtual yang sudah cukup terkenal adalah, Amazaone Alexa, Bixby pada Samsung, Cortana pada Windows 10, Google Assistant, dan Siri pada produk Apple.

3 dari 7 halaman

2. Sistem Kendali Mobil Jarak Jauh

Teknologi yang tidak terpikirkan akan terwujud selanjutnya adalah mengendalikan mobil atau sepeda motor dari jarak jauh. Sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan kendaraan yang berlomba-lomba untuk membuat mobil atau motor yang dapat dikendalikan hanya dengan menggunakan sebuah ponsel, hingga jam tangan saja.

Meskipun belum sepenuhnya berhasil, namun sekarang banyak perusahaan kendaraan yang terus mengembangkan teknologi ini. Beberapa sudah berhasil namun masih belum maksimal. Kamu hanya bisa menunggu teknologi itu akan terwujud, apakah dalam waktu dekat ini atau membutuhkan waktu yang cukup lama.

4 dari 7 halaman

3. Meja Layar Sentuh

Tidak hanya layar pada ponsel, tablet, atau layar monitor yang saat ini bisa di sentuh atau memiliki teknologi touchscreen. Kini sebuah meja juga dapat menjadi sebuah layar yang bisa disentuh. Mungkin hal ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun di mata para pengembang teknologi, hal seperti ini bisa terwujud dengan usaha yang cukup keras.

Fungsi dari meja layar sentuh ini bermacam-macam, salah satunya untuk melakukan presentasi, pengganti layar komputer, dan lain sebagainya.

5 dari 7 halaman

4. Teknologi Rumah Pintar

Jika kamu pernah menonton film Home Alone 4: Taking Back The House, kamu akan melihat sebuah rumah pintar. Di dalam rumah pintar itu, untuk melakukan aktifitas seperti membuka pintu, mematikan lampu, memutar musik, menutup gerbang, hanya dilakukan dengan perintah suara melalui sebuah remot kecil.

Sekarang teknologi itu juga sudah ada di rumah-rumah modern. Segala aktivitas yang berhubungan dengan rumah seperti menutup pintu, menghidupkan lampu, hingga memantau CCTV bisa dilakukan hanya dengan handphone saja.

6 dari 7 halaman

5. Teknologi Wearable

Salah satu teknologi wearable yang sudah banyak digunakan oleh orang-orang saat ini adalah smart watch atau jam pintar. Saat ini fungsi jam bukan hanya untuk menunjukkan waktu saja. Namun juga bisa menghitung kalori yang dikeluarkan, jarak yang ditempuh saat berjalan atau berlari, memotret foto hingga merekam video, menghitung detak jantung dan masih banyak lagi.

7 dari 7 halaman

6. Ransel Jet

Manusia memang bisa terbang dengan menggunakan pesawat, dan teknologi itu sudah ditemukan cukup lama. Namun pesawat hanya bisa digunakan di tempat yang memang luas seperti bandara. Sekarang sudah ada teknologi yang dapat membuat manusia terbang tanpa harus menaiki pesawat dan tidak terlalu memakan tempat untuk mengendarainya.

Ransel jet adalah teknologi yang saat ini mulai dikembangkan. Pada dasarnya teknologi ini memang difungsikan untuk terbang dan bepergian secara lebih mudah. Meskipun masih dalam tahap pengembangan namun teknologi ini sudah mulai memunculkan hasil yang bagus untuk para penemu-penemunya. Mungkin dibeberapa tahun kedepan, kita tidak perlu lagi menggunakan pesawat untuk terbang. Kita hanya perlu menggunakan ransel jet.

Itulah teknologi-teknologi yang dulunya tidak pernah terpikirkan akan terwujud namun sekarang benar-benar ada. Mungkin masih banyak lagi teknologi yang sekarang ini hanya angan-angan, namun beberapa tahun ke depan akan tercipta secara nyata untuk memudahkan kegiatan manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.