Sukses

Jenis-Jenis Kamera Serta Kelebihan dan Kekurangannya, Wajib Tahu Sebelum Beli

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan memotret kini tak lagi milik kalangan profesional. Orang awam sekalipun dapat menjadi fotografer. Cara terbaik untuk mengabadikan moment terbaik adalah manggambil gambar menggunakan kamera. Entah kamera smartphone atau kamera digital. Terlebih kini muncul beragam kamera profesional mulai dari harga yang terjangkau hingga mahal, sehingga kamu bebas mengeksplorasi kemampuan kamu dengan jenis kamera apapun.

Bagi kamu yang ingin belajar mendalami bidang fotografi, untuk menjadi fotografer profesional tentunya kamu perlu tahu ilmu dasar fotografi serta mempelajari berbagai peralatan yang digunakan termasuk salah satunya kamera.

Kenali jenis-jenis kamera agar kamu tidak salah memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut jenis-jenis kamera yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Kamera yang Cocok untuk Traveling

1. Pocket Camera

Jenis-jenis kamera ini sangat mudah dibawa. Jadi, buat kamu yang ingin traveling ke tempat-tempat wisata tengah kota maupun pinggir pantai, pocket camera atau kamera saku ini cocok buat kamu ajak liburan. Dibanding kamera smartphone, jenis-jenis kamera saku unggul dalam hal pembesaran optik dan mode pengambilan gambar yang bervariasi. Kelemahan kamera saku sama seperti smartphone, tidak bisa dapat gambar bagus dalam cahaya yang redup. Tapi lumayan buat dibawa jalan-jalan.

2. Mirrorless

Jenis-jenis kamera yang satu ini adalah penyempurnaan dari DSLR. Hanya saja, ukurannya jauh lebih kecil dan ringan ketimbang DSLR. Soal kemampuan, kamu dapat menggunakan kamera ini dengan kontrol manual. Lensa kameranya pun bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan.

3. Action Camera

Kamu tipikal traveler yang suka berpetualang? Maka, action camera adalah jenis-jenis kamera yang tepat untuk kamu. Memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pocket, memang tidak banyak fitur manual hadir di jenis kamera ini.

Namun, soal kemampuan jenis-jenis kamera action dapat tampil sangat baik di berbagai kondisi maupun medan. Mau foto di dalam air, di atas salju maupun kondisi berdebu, kamera ini sangat mengesankan. Dengan jangkauan yang lebar, kamu bisa mendapatkan foto yang menyeluruh.

4. DSLR

Jenis-jenis kamera ini sangat direkomendasikan kepada kamu yang punya skil foto baik. Maklum, dengan fitur manual, kamu bisa mendapatkan kualitas gambar, pilihan jangkauan hingga cakupan lensa yang lebih baik. Pilihan lensa bisa kamu sesuaikan dengan destinasi wisata kamu. Jika ingin foto pemandangan, kamu bisa pakai lensa standar. Tetapi jika ingin mendapatkan obyek jauh, kamu bisa bawa lensa tele dan lain-lain.

5. Bridge Camera

Jenis-jenis kamera ini mampu mengungguli kamera pocket manapun. Jika pocket hanya mampu zooming hingga 30 kali, maka bridge camera bisa dua kali lebih jauh. Jadi, untuk kamu yang ingin traveling ke kawasan dengan kontur ekstrim seperti gunung maupun spot bertebing, bridge camera jadi solusi yang tepat. Kekurangan bridge camera ada pada bukaan lensa yang makin kecil saat di-zoom. Jadi, kamu butuh cahaya yang lebih untuk mendapatkan kualitas foto yang baik. Meski modelnya mirip DSLR, bridge camera cuma punya lensa fixed.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Kamera

6. Boutique Camera

Melihat secara sekilas, Boutique Camera tidak lebih besar dari sebuah kamera saku. Meski bentuknya ringkas, jenis-jenis kamera butik punya sensor fullframe yang bahkan melebihi kemampuan DSLR. Kekurangan dari kamera ini adalah dalam segi harga yang mahal.

7. Kamera Film atau Kamera Analog

Jenis-jenis kamera analog adalah salah satu pelopor kamera canggih masa kini. Kamera ini masih mengacu pada sistem kerja mekanik dari suatu kamera, dan jenis kamera ini masih menggunakan pita film (seluloid) 35mm. Kamera film seluloid sendiri punya tiga elemen, yaitu elemen mekanik berupa badan kamera, elemen optikal berupa beragam lensa, serta elemen kimia yakni film seluloid itu sendiri.

8. Kamera Polaroid

Jenis-jenis kamera polaroid atau dikenal sebagai kamera instan pertama kali ditemukan oleh Edwin land. Pada saat itu, kamera instan ciptaan Edwin Land dapat mencetak foto hanya dalam waktu sekitar lima detik saja setelah tombol shutter ditekan. Konsep kerja kamera ini adalah memproses foto sendiri dalam badan kamera setelah proses memotret, sehingga kamu bisa langsung melihat dan mendapatkan hasil cetaknya.

9. 360-degree Digital Camera

Jenis-jenis kamera digital 360 derajat dapat mengambil gambar atau video 360 derajat dengan menggunakan dua lensa back-to-back dan mengambil gambar pada saat yang bersamaan. Kamera digital 360 derajat dilengkapi dengan mode virtual reality, built-in stitching, Wifi, dan Bluetooth. Kamera jenis ini juga dapat digunakan untuk kepentingan live streaming. Beberapa kamera jenis ini juga dapat berperan sebagai action camera.

10. Digital Rangefinder Camera

Jenis-jenis kamera digital rangefinder adalah kamera pengintai yang dilengkapi dengan alat pengintai jarak jauh. Alat ini berfungsi untuk mengukur jarak subyek dengan cara menyesuaikan fokus lensa obyektif kamera berdasarkan open-loop controller. Mekanisme pengaturan jarak dan lensa dapat dilakukan secara bersama-sama ataupun tidak. Sebagian besar kamera mencapai fokus melalui analisis gambar yang diambil oleh lensa obyektif dan estimasi jarak.

Aksi Egg Boy Didukung, Warganet Bikin Meme Kocak
Loading