Sukses

Cara Daftar Yahoo Email Baru, Sederhana dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Di era yang serba modern ini, siapa yang tak tahu email? Ya, rasa-rasanya hampir semua orang memiliki email. Dan tentu saja, email sangat dibutuhkan bagi banyak orang di dunia. Kebutuhan akan penggunaan email sangat penting bagi kamu yang masih berkuliah, pengusaha ataupun yang telah bekerja di perusahaan.

Apalagi nih, kamu harus memiliki email saat baru memiliki smartphone. Selain itu, keberadaan email memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan pengguna email lainnya. Tak hanya untuk berkomunikasi, email juga digunakan sebagai sarana untuk mengirim data-data.

Beberapa akun media sosial bahkan memerlukan akun email misalnya Facebook, LINE, Twitter, Instagram dan lain-lain. Tak hanya itu, untuk kamu yang akan belanja secara online, akun email juga wajib dimiliki.

Nah, bagaimana cara membuat email? Ada banyak penyedia layanan email gratis di mana kamu bisa membuat akunnya. Salah satu penyedia layanan akun email yang terkenal adalah Yahoo.

Dalam artikel ini akan membahas tentang cara daftar yahoo bagi kamu yang belum memiliki akun email. Kamu sebagai pemula pasti ingin memiliki akun email agar aktivitas kamu semakin mudah.

2 dari 4 halaman

Pengertian dan Sejarah Email

Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik. Email merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet. Email adalah alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email, kamu dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet.

Email sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Konsep email pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson pada saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman "BBN" milik lembaga pertahanan Amerika. Pada awalnya, Ray bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG yang pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer, sehingga orang yang memakai komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai komputer. Ya, saat itu normal ketika banyak orang menggunakan komputer yang sama secara bergantian.

Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG dapat mengirimkan pesan ke komputer lain, namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan itulah awal terciptanya email.

Pesan email pertama kali yang dikirim oleh Ray pada 1971 merupakan email pertama di dunia. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan lambang @ sebagai identitas email untuk memisahkan antara identitas pengguna dengan domain. @ Artinya adalah 'kepada'.

3 dari 4 halaman

Cara Daftar Yahoo Email Baru

Untuk membuat akun email baru, pada umumnya adalah gratis begitupun pada layanan email Yahoo. Cara daftar yahoo email baru secara umum kamu hanya akan memasukkan data diri dan passaword untuk akun emailmu.

Setelah mengisi data diri dan berhasil membuat akun email, biasanya alamat akun emailmu akan berakhiran @yahoo.com, @yahoo.co.id atau @ymail.com. Perbedaan tersebut tergantung dari mana kamu membuatnya, namun semua berada dalam alamat Yahoo.

Secara jelasnya, kini akan dirinci secara satu persatu dalam cara daftar yahoo email baru agar kamu bisa lebih memahami dengan langkah-langkahnya. Berikut cara daftar Yahoo email baru seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/1/2019).

1. Pertama kamu kunjungi laman beranda Yahoo Mail untuk mendaftar

2. Klik email

3. Kemudian pilih dan klik Daftar atau Sign Up kalau kamu adalah pengguna email baru

4. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran akun Yahoo mail. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data diri kamu.

• Kolom First name & Last name: Isi dengan nama depan dan nama belakang kamu

• Kolom Email address: Isi dengan nama pengguna yang juga sekaligus menjadi alamat email kamu

Password: Masukkan password kamu. Usahakan pilih password yang mudah diingat dan cukup kuat

Mobile phone number: masukkan nomor ponsel kamu yang masih aktif

Birth Month, Day & Year: Masukkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran kamu

Gender: Pilih jenis kelamin

5. Klik Selanjutnya atau Continue

6. Selajutnya adalah langkah verifikasi. Disini kamu akan diminta untuk mengecek kembali nomor telepon yang tadi telah kamu isi di bagian data diri

7. Jika sudah benar dan yakin, klik tombol Text Me an Account Key

8. Kamu akan mendapatkan pin di smsmu dan masukkan pin tersebut untuk bisa ke langkah selanjutnya

9. Jika sudah, kamu akan melihat halaman Selamat atau Congratulations di layar monitor. Ini berarti kamu sudah berhasil mendaftar akun Yahoo email baru. Selanjutnya klik Mari kita mulai atau Let’s get started.

10. Selesai.

4 dari 4 halaman

Cara Daftar Yahoo Email Baru

Dari langkah-langkah cara daftar Yahoo di atas, terkadang setelah kamu berhasil memasukkan pin yang kamu terima di sms akan muncul kotak captcha. Isi kode captcha yang tertera dan klik kirim kode. Setelah itu akan muncul halaman Selamat.

Akun email Yahoo tersebut bisa kamu akses melalui PC atau ponselmu. Pastikan kamu ingat alamat email dan password yang telah dibuat agar kamu bisa kembali ke halaman email. Selain itu sangat penting kamu mengingat nama akun email jika akan berkomunikasi dengan pengguna email lainnya.

Saat telah memiliki akun email Yahoo, kamu hanya perlu memasukkan alamat emailmu dan passwordnya untuk bisa masuk ke halaman email Yahoo. Jika kamu mengalami kesulitan dengan bahasa Inggris, sebelum membuat email, kamu bisa masuk ke halaman Yahoo Indonesia.

Mudah bukan cara daftar Yahoo untuk email baru? Demikian penjelasan tentang cara daftar Yahoo untuk email baru. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan wawasanmu serta membantu kamu sebagai pengguna pemula yang membutuhkan akun email.

Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam mengakses akun email terutama password agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

 

 

Reporter: Loudia Mahartika