Sukses

Tak Cuma A50, Samsung Juga Siapkan Galaxy A40?

Samsung dilaporkan turut merilis Galaxy A40, selain Galaxy A50 yang akan sama-sama diperkenalkan tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan tengah menyiapkan setidaknya dua model Galaxy A yang rilis tahun ini.

Setelah sebelumnya dilaporkan ada Galaxy A50, perusahaan asal Korea Selatan itu diketahui juga menyiapkan Galaxy A40.

Informasi ini pertama kali diketahui dari laman Geekbench beberapa waktu lalu. Dikutip dari GSM Arena, Senin (21/1/2019), smartphone tersebut akan dipersenjatai dengan Exynos 7885 yang mirip dengan Galaxy M20.

Di atas kertas, smartphone memiliki performa di bawah Galaxy A50. Salah satu yang cukup menonjol adalah perbedaan kinerja multicore-nya, meski sama-sama menggunakan Cortex-A73.

Menurut laporan, Samsung akan menggunakan akan menggunakan layar AMOLED untuk Galaxy A40, sedangkan Galaxy A50 akan memakai layar LCD.

Varian terbaru Galaxy A dipastikan menyambangi pasar Eropa, dan dua model tersebut akan menjadi yang pertama.

Saat ini, spesifikasi Galaxy A40 memang belum banyak diungkap. Namun dari sejumlah laporan, smartphone akan memiliki pemindai sidik jari di layar dan kamera ganda.

Sebelumnya, informasi seputar Galaxy A50 terungkap setelah laman Geekbench dan sudah disertifikasi Wi-Fi Alliance. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Galaxy A50 Punya Varian RAM 6GB

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (17/1/2019), dari laman Geekbench diketahui Galaxy A50 akan memiliki varian dengan RAM 6GB.

Informasi ini menarik mengingat informasi sebelumnya menyebut Galaxy A50 hanya dibekal RAM 4GB. Sementara untuk urusan chipset, Samsung menggunakan Exynos 9610.

Dengan penggunaan RAM 6GB, skor pengujian smartphone ini jelas lebih tinggi dari sebelumnya. Dari pengujian, smartphone ini berhasil mencatat skor 1.693 untuk single-core dan 5.031 untuk multi-core.

Berdasarkan informasi sebelumnya, smartphone ini akan menjadi penerus langsung Galaxy A8 2018. Sejumlah perubahan juga sudah disiapkan Samsung untuk perangkat ini.

Salah satunya adalah jumlah lensa kamera utama yang diperbanyak. Dari sebelumnya hanya satu lensa di Galaxy A8, Galaxy A50 akan memiliki beberapa lensa.

Laporan menyebut lensa utama dari Galaxy A50 memiliki resolusi 24MP. Dengan kata lain, lensa utama smartphone ini serupa dengan Samsung Galaxy A7 2018 dan Galaxy A9.

3 dari 3 halaman

Dirilis Bersamaan dengan Galaxy S10

Untuk spesifikasi, smartphone ini akan dipersenjatai dengan Exynos 9610. Chipset tersebut akan ditunjang RAM 4GB dengan pilihan memori internal 64GB dan 128GB.

Smartphone ini akan menjalankan Android 9 Pie yang dibalut tampilan anyar dari One UI. Sebagai penopang performanya, Samsung menyematkan baterai berkapasitas 4.000mAh.

Kabarnya, smartphone ini akan diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) setelah pengumuman Galaxy S10. Adapun penjualan Galaxy M50 akan dilakukan pada paruh pertama Maret 2019.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.