Sukses

Qualcomm Umumkan Kehadiran Komputasi Snapdragon 8cx

Liputan6.com, Maui - Qualcomm dipastikan makin mantap terjun ke pasar bisnis PC. Hal itu ditunjukkan saat hari terakhir gelaran Snapdragon Tech Summit 2018.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu resmi memperkenalkan Snapdragon 8cx. Chipset ini menjadi platform 7nm pertama di dunia yang digunakan untuk mempersenjatai PC.

"Saat ini, PC masih memiliki sejumlah masalah, mulai dari daya tahan baterai, koneksi internet, dan keamanan. Untuk itu, kami memperkenalkan anggota keluarga baru untuk keperluan PC, yakni Snapdragon 8cx," tutur SVP Compute Products Qualcomm Inc Sanjay Mehta saat Snapdragon Tech Summit 2018 di Maui, Hawaii, Kamis (6/12/2018), waktu Amerika Serikat.

Berdasarkan penuturan Senior Director Product Management Miguel Nunes, Snapdragon 8cx merupakan chipset terkencang besutan Qualcomm. Tak tanggung-tanggung, chipset ini disebut produk paling ekstrem yang pernah dibuat Qualcomm.

 

2 dari 3 halaman

Keunggulan Snapdragon 8cx

Qualcomm umumkan Snapdragon 8cx di Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

"Kami menyertakan optimisasi yang lebih baik dari sebelumnya dan menjadi terbaik di lini produk komputer Qualcomm," tuturnya menjelaskan.

Munes menjelaskan chipset ini tidak hanya menawarkan performa yang apik, baterai yang tahan lama, konektivitas internet penuh, hingga memungkinan desain perangkat tanpa kipas.

Snapdragon 8cx didukung Kryo 495, CPU tercepat yang dirancang oleh Qualcomm Technologies. CPU ini menawarkan cache yang lebih besar dari generasi sebelumnya, yakni 10MB.

Untuk urusan GPU, Snapdragon 8cx memakai Adreno 860. Menurut Miguel ini merupakan GPU paling cepat yang pernah dibuat oleh Qualcomm dan menjanjikan performa dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Mengingat chipset ini didesain untuk penggunaan internet yang selalu terhubung, Qualcomm turut menyematkan model LTE X24 yang sudah mendukung gigabit LTE.

 

3 dari 3 halaman

Daya Tahan Baterai Meningkat

Qualcomm umumkan Snapdragon 8cx. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Dari sisi daya tahan baterai, Qualcomm menjanjikan penggunaan hingga satu hari lebih. Snapdragon 8cx telah mendukung pengisian daya super cepat, yakni Qualcomm Quick Charging 4+.

Ada pula teknologi audio Qualcomm Aqstic yang menawarkan audio bluetooth nirkabel berkualitas tinggi. Munes menjelaskan, produk ini juga sudah mendukung akses ke dua asisten virtual, seperti Microsoft Cortana dan Amazon Alexa.

Berbekal dukungan generasi kedua USB 3.1 Type C dan generasi ketiga PCI-E membuka kesempatan untuk lebih banyak peripheral yang dapat terhubung. Perangkat dengan Snapdragon 8cx dapat terhubung pula dengan dua monitor 4K HDR.

Munes menyebut Snapdragon 8cx telah mendukung beragam aplikasi, baik produktivitas hingga hiburan. Sebagai tambahan, perangkat dengan Snapdragon 8cx bakal mendapat dukungan penuh dari Windows 10 Enterprise.

Saat ni, Snapdragon 8cx masih dalam tahap sampling pada konsumen atau perusahaan rekanan. Harapannya, produk ini akan digunakan secara komersial pada kuartal ketiga 2019.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Artikel Selanjutnya
Qualcomm Geber Kemampuan Gaming di Snapdragon 855
Artikel Selanjutnya
Snapdragon 855 Tawarkan Performa CPU 45 Persen Lebih Tinggi dari Pendahulunya