Sukses

Google Targetkan 1 Juta UKM Terampil Digital pada 2020

Google fokus mengoptimalkan keberadaan UKM di indonesia agar terlibat jauh dalam penggunaan teknologi di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Google terus berupaya memajukan perekonomian Indonesia untuk melek teknologi di tahun-tahun mendatang. Salah satu program yang digenjot perusahaan adalah melalui program pelatihan keterampilan digital.

Managing Director Google Indonesia Randy Mandrawan Jusuf mengatakan, sejak 2015 hingga hari ini, perusahaan telah melatih sebanyak satu juta usaha kecil menengah (UKM) untuk melek teknologi.

Perseroan kini menargetkan satu juta UKM dapat terlatih terampil digital hingga 2020.

"Pada hari ini kami mengumumkan komitmen baru untuk melatih satu juta lagi UKM hingga 2020. Dengan lebih dari 50 persen populasinya memiliki akses internet, dan bangkitnya startup Indonesia, negara ini sedang berancang-ancang untuk menjadi kekuatan digital yang besar," ucapnya dalam acara Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/11/2018).

Sementara Head of Marketing Google Indonesia, Veronica menjelaskan, setiap orang di Indonesia harus memiliki kesempatan untuk menggunakan internet secara optimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimalkan Keberadaan UKM

Oleh sebab itu, Google fokus mengoptimalkan keberadaan UKM di Indonesia agar terlibat jauh dalam penggunaan teknologi di masa depan.

"Tak hanya itu, kami juga telah melatih 2.000 jurnalis di 22 kota tersebar di Indonesia. Pada tahun depan, targetnya 3.000 jurnalis dapat Google latih," ujarnya.

"Jadi kami ingin jurnalis bisa terlatih fast-checking dan verifikasi informasi lebih baik karena seperti diketahui kan hoaks saat ini di mana-mana," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Produk Terbaru di Acara Google For Indonesia

Adapun pada acara tahunan Google For Indonesia ketiga ini, Google mengumumkan berbagai produk dan kemitraan yang akan membantu masyarakat Indonesia dalam ekonomi digital.

Produk-produk itu antara lain Jobs on Google Search, Google Go, dan Asisten Google di WizPhone yaitu ponsel kelas menengah pertama buatan Indonesia yang sudah dilengkapi dengan Asisten Google.

(Bawono Yadika Tulus/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.