Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Setengah Gamer Nintendo Switch di Dunia Instal Gim Fortnite

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, Fortnite menjadi salah satu gim terpopuler di dunia saat ini.

Bagaimana tidak, gim buatan Epic Games ini sudah dimainkan di seluruh platform gim yang ada di pasaran, seperti PC, smartphone, tablet, dan konsol.

Nintendo mengklaim, gim Fortnite telah diunduh dan diinstal pada hampir setengah dari konsol Switch di dunia, demikian dikutip dari Ubergizmo, Kamis (1/11/2018).

Berdasarkan laporan terakhir, Nintendo Switch sudah terjual hampir 23 juta unit di berbagai negara di dunia hingga saat ini.

Dari data di atas, dapat disimpulkan ada 11,5 juta unit konsol Switch yang sudah menginstal gim Fortnite.

Terlepas dari pencapaian tersebut, beberapa analis berpendapat hal itu dapat terwujud karena gim Fortnite dapat diunduh secara gratis dari Nintendo eShop.

Walau gratis, Epic Game telah menghasilkan banyak uang lewat fitur in-app purchase (IAP) yang tentunya Nintendo mendapatkan persenan.

Meski belum ada informasi resmi dari Nintendo tentang berapa banyak uang yang dihasilkan di Switch, data terakhir menyebutkan gim Fortnite sudah meraup untuk sebesar US$2 juta per hari di iOS.

2 dari 3 halaman

Pengembang Gim Fortnite Dapat Kucuran Dana Rp 19 Triliun

Gim Fortnite di Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Epic Games dikabarkan telah menerima pendanaan sekitar US$ 1,25 miliar atau sekira Rp 19 triliun.

Dikutip dari laman Venture Beat, Minggu (28/10/2018), investor yang menyuntikkan dana ke dalam perusahaan, termasuk KKR, ICONIQ Capital, Smash Ventures, aXiomatic, Vulcan Capital, Kleiner Perkins, dan Lightspeed Venture Partners.

Berdasarkan laporan Digi-Capital, ini merupakan investasi gim terbesar kedua dalam sejarah, setelah IPO (initial public offering) Netmarbel mendapat dana senilai US$ 2,3 miliar (sekira Rp 35 triliun) pada 2017.

Sedangkan untuk kasus Epic Games, ini merupakan investasi non-IPO tertinggi yang pernah ada.

 

3 dari 3 halaman

Fortnite Tembus 15 Juta Download

Fortnite kini sudah menyambangi iOS (sumber: Epic Games)

Pada akhir Agustus 2018, Epic Games meluncurkan gim versi beta Android yang sudah lama dinanti, yakni Fortnite.

Baru-baru ini, Epic Games mengungkap laporan berapa banyak gamer yang men-download gim bergenre multiplayer survival shooter tersebut.

Dilansir Gamerant, Minggu (9/9/2018), Fortnite versi beta sudah di-download lebih dari 15 juta kali di Android hingga saat ini.

Tak hanya itu, pengembang juga mengungkap ada lebih dari 23 juta gamer di dunia yang mendaftarkan diri untuk dapat bermain gim tersebut lebih awal.

Meski hanya sebatas undangan terbatas, Epic Games mencatat jumlah tersebut sama ketika gim Fortnite versi beta meluncur di iOS.

Tak perlu diragukan, jumlah unduhan pengguna Android tersebut cukup mengesankan, mengingat fakta gim Fortnite tidak tersedia di Google Play Store.

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pokemon Go Bakal Punya Fitur PvP Global
Artikel Selanjutnya
Call of Duty Mobile Bakal Kedatangan Event Pertama Oktober 2019