Sukses

YouTube Down, Pengunjung Situs Dewasa Malah Naik

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, jagat dunia maya sempat dihebohkan dengan layanan YouTube yang tidak dapat diakses alias down. Meski akhirnya kini sudah kembali normal, ternyata ada fakta menarik saat layanan milik Google tersebut sejenak berhenti beroperasi.

Alasannya, seperti dikutip dari Mashable, Jumat (19/10/2018), saat layanan YouTube tak dapat diakses, ternyata pengunjung situs dewasa Pornhub mengalami peningkatan. Data dari Pornhub menujukkan kenaikan trafik ke layanannya mencapai 21 persen dari biasanya.

Namun, layanan itu menurun drastis setelah layanan YouTube kembali pulih. Bahkan, data menunjukkan rata-rata penonton sempat di bawah rata-rata.

Meski demikian, belum dapat dipastikan apakah lonjakan pengunjung tersebut akibat langsung dari layanan YouTube yang tidak dapat diakses. Perlu diketahui, data ini dikumpulkan dari kunjungan situs pengguna yang ada di Amerika Serikat.

Sekadar informasi, pada 17 Oktober 2018, layanan YouTube diketahui sedang tumbang. Informasi itu diketahui dari laporan di situs Downdetector--web pendeteksi laman yang tumbang.

Dalam laman itu, masalah utama yang dikeluhkan pengguna YouTube adalah masalah tidak bisa menonton video (51 persen), kesulitan masuk ke laman (32 persen), hingga sulit melakukan login (16 persen).

Berdasarkan peta live outage milik Downdetector, beberapa wilayah yang terdampak tumbangnya layanan YouTube adalah Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

Selain itu, tumbangnya layanan YouTube juga dilaporkan di sejumlah negara di Asia, seperti Singapura, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

2 dari 3 halaman

YouTube Akui Ada Masalah

Pihak YouTube pun melalui akun Twitter-nya @TeamYouTube mengakui kalau layanannya memang sedang bermasalah.

"Terima kasih telah melaporkan masalah YouTube. Akses terhadap YouTube TV dan YouTube Music mengalami masalah. Kami tengah memperbaiki ini dan akan segera memberi tahukan kalau sudah bisa diakses," kicau Youtube.

Tidak hanya itu, YouTube juga meminta maaf atas tumbangnya layanan mereka.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini dan akan segera memberi kabar," tulis YouTube. Sayangnya, tidak diungkap alasan layanan tersebut bermasalah.

 

3 dari 3 halaman

Jadi Trending Topic di Twitter

Layanan berbagi video milik Google, YouTube, tumbang di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Tumbangnya YouTube pun dikeluhkan oleh warganet di dunia maya. Saking banyaknya cuitan tentang YouTube down, tagar YouTubeDown (#YouTubeDown) sampai memuncaki trending topic di Indonesia.

Dalam beberapa jam terakhir, diperkirakan ratusan ribu cuitan dengan tagar tersebut telah diunggah.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (17/10/2018), kicauan mengenai YouTube down pun tak hanya berasal dari Indonesia, melainkan dari sejumlah negara lantaran berbagai bahasa yang dicuitkan di Twitter.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Twitter Perbaiki Notifikasi Spam yang Jejali Smartphone Pengguna
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan YouTube Down