Sukses

5 Fitur Baru yang Wajib Dijajal di iOS 12.1

Liputan6.com, Jakarta - Apple terus memperbarui sistem operasi iOS untuk pengguna iPhone dan iPad.

Kali ini, perangkat iOS dengan pembaruan teranyar, versi iOS 12.1, bakal melenggang dengan deretan fitur menarik.

Dikutip dari Tech Radar, Kamis (11/10/2018), iOS 12.1 hadir dengan beberapa fitur baru untuk kemudahan produktivitas pengguna. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. 70 Emoji Baru

Nanti, akan ada lebih dari 70 karakter emoji yang bakal meramaikan iOS 12.1.

Ini artinya, pengguna iPhone dan iPad yang sudah memperbarui sistem operasinya ke iOS 12.1 sudah bisa menjajal deretan emoji anyar ini. Tak cuma itu, emoji baru ini nanti juga akan tersedia di sistem operasi macOS dan watchOS.

Adapun 70 jenis emoji baru tersebut hadir dalam desain baru dan unik. Mulai dari emoji kepala botak, orang kasmaran, sepatu hiking, moon cake, softball, skateboard, firesbee, salt shaker, roti bagel, selada, dan beberapa hewan dan serangga seperti rakun, angsa, llama, dan nyamuk.

2. Fitur Face Time Group

Face Timedi iOS 12.1 memungkinkan kita untuk melakukan video call ke 32 pengguna.

3. Efek Bokeh Portrait Mode

Beralih ke sekor kamera, Apple memberikan perubahan efek bokeh Portrait Modde--khususnya iPhone XS dan XS Max.

Jadi, pengguna bisa mengambil gambar yang bagian latar belakangnya bisa diblur (bokeh) secara real time sebelum membidik foto.

4. Dukungan e-SIM

Perangkat IOS 12.1 juga akan didukung dengan menu khusus e-SIM, tetapi pengguna nanti harus menunggu operator yang mendukung fitur ini saat dirilis secara resmi.

5. Referensi iPad 2018

Meskipun bukan fitur utama iOS 12.1, nyatanya iOS 12.1 merujuk pada iPad terbaru yang bakal dirilis pada tahun ini, yakni sebuah referensi ke kode “iPadfall2018”.

Oleh karena itu, iOS 12.1 kemungkinan besar akan hadir pada iPad Pro 2018 yang akan dirilis dalam waktu dekat. Berdasarkan rumor yang beredar, iPad Pro tampilannya akan hadir dengan bezel tipis.

Lebih lanjut, iPad Pro 2018 juga akan hadir dengan kamera TrueDepth dan juga teknologi Face ID untuk Animoji..

Untuk peluncuran iOS 12.1 dapat diperbarui dalam waktu dekat, dan jauh lebih baik apabila diluncurkan bersamaan dengan iPhone XR pada 23 Oktober.

2 dari 3 halaman

Baru Rilis, iOS 12 Sudah Diadopsi 46 Persen Perangkat

Data tentang adopsi sistem operasi (OS) terbaru Apple, iOS 12, belum lama ini sempat terkuak.

Berdasarkan data yang diperoleh Mixpanel pada Minggu (7/10/2018), kini iOS 12 sudah diadopsi oleh 46 persen perangkat. 

Jumlah tersebut terbilang cukup mengesankan, mengingat iOS 12 baru saja dirilis pada bulan lalu.

Jika memang adopsi iOS 12 mengalami peningkatan yang agresif, adopsi tersebut jelas akan menyalip iOS 11 yang hingga kini baru terinstal di 46,5 persen perangkat. 

Adapun ulasan terkait iOS 12 hingga kini kebanyakan menilai positif. Pasalnya, sesuai janji, Apple memang menawarkan iOS 12 khusus untuk perangkat lawas, sehingga kinerja iPhone yang dirilis pada periode 2014-2016 bisa lebih ngebut.

3 dari 3 halaman

Kamu Sudah Bisa Jajal iOS 12 di iPhone Lawas, Begini Caranya

Untuk bisa memperbarui sistem operasi iOS kamu ke iOS 12, pastikan kamu harus back up dokumen terlebih dahulu. 

Untuk back up, hubungkan perangkat iOS kamu ke iTunes, kemudian pilih opsi “Backup to this computer”, dan yang terakhir centang kotak untuk membuat cadangan terenkripsi. 

Adapun cara terbaik yang bisa dilakukan untuk update ke iOS 12 adalah via iTunes. Dilansir CNET, Jumat (14/9/2018), jika pengguna ingin memperbarui ke iOS 12 via jalur iCloud, backup iOS 11 nantinya akan tertimpa dengan iOS 12.

Selain lewat iTunes, kamu pun sebetulnya juga bisa memperbarui perangkat iOS ke via situs web Apple, caranya pergi ke beta.apple.com/sp/betaprogram.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
iOS 12.1 Gulirkan 70 Emoji Baru, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Baru Rilis, iOS 12 Sudah Diadopsi 46 Persen Perangkat