Sukses

OPINI: Cara Android Bantu Industri Pergudangan Hadapi Ekonomi On-Demand

Android dapat memberikan beragam keuntungan untuk membantu pergudangan beroperasi dengan baik, sekaligus menyesuaikan diri dengan pasar yang fluktuatif.

Liputan6.com, Jakarta - e-Commerce tengah naik daun di seluruh dunia. Meningkatnya harapan konsumen yang kerap menggunakan smartphone dan selalu terhubung, mendesak para pengusaha ritel, produsen, dan perusahaan logistik untuk bekerja sama demi memenuhi kebutuhan para pembeli yang terus meningkat di era ekonomi on-demand ini.

Menurut penelitian Future of Fulfilment Vision Study terbaru dari Zebra, 89 persen responden survei setuju bahwa e-Commerce mendorong kebutuhan akan pengiriman yang lebih cepat.

Sebanyak 78 persen perusahaan logistik berharap dapat menyediakan layanan pengiriman yang tiba di hari yang sama pada tahun 2023, dan 40 persen memperkirakan akan dapat menyediakan pengiriman dalam jangka waktu dua jam pada tahun 2028.

Penelitian ini juga menemukan bahwa alokasi inventaris, mengurangi backorder, serta efisiensi pengisian stok, merupakan rintangan utama yang dihadapi perusahaan logistik di industri fulfilment omnichannel.

Untuk beradaptasi dengan beragam kebutuhan dan tantangan tersebut, manajemen pergudangan dan inventaris merupakan pokok permasalahan yang harus ditangani.

Agar dapat memenuhi harapan pembeli akan pengiriman dan pemenuhan produk omnichannel, dibutuhkan perombakan di industri pergudangan guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Di era di mana dunia pergudangan harus melakukan migrasi dari sistem Windows lama yang akan segera ditinggalkan orang, berikut adalah beberapa alasan mengapa penggunaan Android dapat memberikan beragam keuntungan untuk membantu pergudangan beroperasi dengan baik, sekaligus menyesuaikan diri dengan pasar yang fluktuatif.

Manfaat Penggunaan Android dalam Operasi Pergudangan

Menghadapi tantangan untuk melakukan upgrade dari Windows CE, Android muncul sebagai pilihan utama bagi platform pengganti Windows karena beberapa alasan.

Pertama, nilai jual utamanya adalah kemampuan Android untuk tetap berfungsi dengan berbagai sistem yang sudah ada.

Kemampuan ini menjadi sangat penting terutama karena produk-produk Windows tersebut akan perlahan dihapus dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Dengan demikian, perusahaan tidak perlu mengkonfigurasi ulang sistem backend atau melatih kembali para operator.

Keunggulan utama lainnya adalah karena Android tidak asing bagi para pengguna karena teknologi ini merupakan sistem operasi (operating system/OS) mobile yang paling banyak digunakan oleh konsumen di seluruh dunia.

Teknologi yang telah lama tergantikan adalah keypad (tombol) yang digunakan oleh para pekerja gudang untuk memasukkan data dengan menekan banyak tombol.

Keypad telah digantikan oleh layar sentuh penuh dengan graphical user interface (GUI) yang merupakan antarmuka yang telah dikenal oleh para pengguna smartphone.

Tidak hanya meningkatkan produktivitas, teknologi ini juga mengurangi kemungkinan kesalahan secara signifikan.

Keunggulan tersebut, membuat tingkat pengadopsian dan penggunaan Android menjadi lebih cepat, terutama di kalangan milenial, yang merupakan kelompok utama dalam angkatan kerja global di masa depan.

Menurut penelitian yang bertajuk Zebra Warehouse 2020 Vision Study, para manajer gudang memperkirakan bahwa 50 jam dihabiskan untuk melatih staf baru untuk mencapai produktivitas maksimum, dan mereka secara gamblang berharap dapat mempersingkat waktu menjadi 36 jam, yang berarti peningkatan produktivitas sebanyak 20 persen.

Menggunakan perangkat yang dijalankan dengan OS yang sudah dikenal seperti Android, dapat meringankan kurva pembelajaran bagi pekerja yang sering dipekerjakan sebagai pegawai lepas untuk memenuhi permintaan musiman.

Contohnya, komputer genggam MC3300 baru yang berbasis Android dari Zebra, yang dirancang untuk membantu para pebisnis ritel dan penyedia jasa logistik dalam meningkatkan produktivitas di pusat distribusi, gudang, dan manajemen inventaris.

Komputer ini hadir dengan tampilan layar sentuh besar yang terang yang memungkinkan antarmuka layar sentuh Android yang intuitif.

Perangkat juga memberikan staf fleksibilitas yang mereka butuhkan demi mengurangi kurva pembelajaran dan meningkatkan efisiensi di area backroom dan gudang yang serba cepat.

Selain itu, Android menawarkan platform yang aman dengan beragam manajemen Application Programming Interface (API) andal yang akan memungkinkan tim TI pergudangan untuk mencegah kebocoran data dan meningkatkan kepatuhan.

Para manajer TI dapat menerapkan konfigurasi jaringan dan menerapkan kebijakan untuk melindungi data perusahaan.

Salah satunya adalah rangkaian aplikasi Mobility DNA dari Zebra yang dikembangkan guna memperkuat OS Android dengan kualitas kelas enterprise demi tercapainya kendali penuh.

Rangkaian software ini memiliki beragam tool produktivitas, manajemen, dan pengembangan khusus yang dirancang untuk integrasi yang lebih mudah dan efisiensi bisnis yang optimal.

Bagi perusahaan yang menganut prinsip bring your own device (BYOD), terdapat juga pilihan bagi tim TI untuk menerapkan profil kerja guna membuat pemisahan tingkat OS antara data pribadi dan data perusahaan.

Tren peretas dan virus yang menyerang smartphone dan perangkat Android di beberapa tahun silam telah mendorong perbaikan dalam sistem keamanan Android.

Keamanan platform Android saat ini memastikan seluruh perangkat, data, dan aplikasi aman melalui mitigasi eksploit dan enkripsi perangkat.

Selain itu, manajemen API memungkinkan pengguna untuk menerapkan kontrol kebijakan di seluruh perangkat perusahaan.

Salah satu contoh terbaik yang menunjukkan bagaimana perangkat Android meningkatkan operasi pergudangan dapat dilihat di perusahaan ASICS Europe BV, anak perusahaan ASICS Corporation yang berbasis di Eropa, yang merupakan perusahaan perancang dan produsen terkemuka untuk sepatu lari, beragam alas kaki, dan busana.

Setelah belum lama ini meluncurkan Warehouse Management System (WMS) terbaru yang terkoordinasi, ASICS juga bermaksud untuk mengganti armada komputer mobile perusahaan yang telah lama digunakan di gudang-gudang ASICS di Eropa.

Beralih ke armada komputer mobile Zebra baru yang berbasis Android, para pekerja ASICS di gudang Jerman dapat dengan cepat meningkatkan produktivitas dan menghemat pengeluaran perusahaan.

Secara keseluruhan, menjadi semakin mendesak bagi industri pergudangan untuk mengevaluasi kembali kemampuan mereka di masa depan.

Keunggulan penggunaan Android dapat mendorong produktivitas dan akurasi tenaga kerja dalam operasi gudang, dengan keamanan yang kuat dan fungsionalitas yang mudah digunakan.

Hal ini akan membantu perusahaan dalam mencapai kinerja yang unggul dalam mengelola inventaris mereka secara lebih efisien dan akurat sehingga perusahaan dapat tetap berada di garis depan untuk memenuhi harapan pelanggan di era ekonomi on-demand saat ini.

Penulis adalah Andy McBain, Head of Regional Product Management, Zebra Technologies

(Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini