Sukses

Indonesian eSports Games 2018 Siap Digelar, Ini 6 Gim yang Bakal Dipertandingkan

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), akan mengadakan kompetisi eSports bertajuk Indonesian eSports Games 2018.

Kompetisi gim tersebut diadakan mengingat PKPI memiliki divisi eSports. Uniknya, partai ini diklaim sebagai satu-satunya dan partai pertama yang memiliki divisi berfokus pada ranah gaming di Indonesia.

Adapun tujuan kompetisi juga dilatarbelakangi atas visi PKPI untuk memajukan industri eSports dalam negeri. Partai ini juga berharap, eSports bukan dijadikan wadah untuk berkompetisi, tetapi juga bisa menjadi sarana bagi para tim untuk mencari pemain-pemain terbaik di Indonesia.

Yudi Kurniawan sebagai Ketua Departemen eSports PKPI sekaligus penyelenggara acara Indonesia eSports Games 2018 mengatakan pihaknya melihat eSports sebagai salah satu masa depan untuk generasi milenial. Apalagi, menurutnya, semakin banyaknya kompetisi yang diadakan menandakan kalau eSports kini semakin dinikmati.

"Untuk itu, kami ingin turut mewadahi gamer dalam negeri dalam ajang kompetisi eSports, Indonesia eSports Games 2018 akan turut serta memajukan kualitas-kualitas eSports dalam negeri baik dari segi para sumber daya manusianya, hingga kompetisinya itu sendiri," ujar Yudi di Jakarta, Selasa (26/9/2018).

2 dari 3 halaman

Jenis Gim yang Dilombakan

Indonesia eSports Games 2018 akan diawali dengan babak Qualifier yang akan dilaksanakan pada periode November-Desember 2018, kemudian dilanjutkan dengan babak Playoff yang akan dilaksanakan pada Januari 2019 yang akan menggunakan sistem Double Elimination.

Adapun rangkaian acara Indonesia Esports Games akan berakhir di babak Final yang akan diselenggarakan pada Februari 2019.

Total hadiah yang bakal diperebutkan pada kejuaraan ini sebesar Rp 580.000.000-, dengan total 6 judul gim yang akan dipertandingkan, judul-judul gim tersebut meliputi:

●      Dota 2

●      Counter Strike: Global Offensive

●      PUBG Mobile

●      Mobile Legends

●      Tekken 7

●      Point Blank

Pada kompetisi ini, Indonesia eSports Games 2018 juga bakal mengadakan direct invitational untuk beberapa tim dalam negeri. Nanti, para tim yang akan mendapatkan undangan langsung, bakal  diumumkan pada pertengahan Oktober 2018.

 

3 dari 3 halaman

Kemajuan eSports di Indonesia

Sekadar kilas balik, kemajuan industri eSports di Indonesia bisa dikatakan sangat pesat.

Kita bisa lihat, ada berbagai event di setiap tahun dengan peningkatan masif, gongnya diawali dengan WCG (World Cyber Games) pada 2008 yang menjadi pionir event eSports di Indonesia.

Hingga kini, banyak event-event eSports mulai dari skala komunitas hingga skala internasional, beberapa contoh diantaranya adalah VOCC adalah turnamen skala komunitas bagi pemain AOV, lalu ada MPL (Mobile Legends Pro League), WOG (World of Gaming), dan lain sebagainya yang berskala nasional, serta menjangkau pemain-pemain di seluruh Indonesia untuk berkompetisi.

Selain itu, Indonesia sempat beberapa kali menjadi tuan rumah untuk event internasional, diantaranya seperti TAFISA 2016, MSC (Mobile Legends Southeast Asia Cup), GESC.

Dan baru-baru ini, Indonesia juga berkesempatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan menjadi Negara pertama di ajang Asian Games yang mempertandingkan eSports sebagai salah satu cabang olahraga walaupun masih sebatas demo.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: