Sukses

7 Keyword Rahasia Google Search yang Patut Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Google Search tak dimungkiri telah menjadi mesin pencari terbesar yang ada saat ini. Alasannya, mesin pencari ini memang memiliki kemampuan yang menarik. Selain itu, keakuratan hasil pencariannya juga patut diacungi jempol.

Pemakaiannya pun terbilang mudah, sehingga pemakai internet pemula dapat dengan cepat menguasainya. Meski terbilang mudah, Google ternyata memiliki fitur lain yang membuat pengalaman pencarian makin menarik.

Salah satunya adalah fitur pencarian berbasis kata kunci atau keyword. Dengan memanfaatkan keyword tertentu, pengguna Google Search sebenarnya dapat langsung memperoleh hasil pencarian yang diinginkan.

Jadi, kamu tidak perlu mengetik kata kunci umum saat ingin mencari sesuatu. Penasaran seperti apa kata kunci rahasia tersebut? Berikut ini ada beberapa di antara kata kunci pilihan yang sudah dihimpun.

1. Pencarian Situs Spesifik

Biasanya, saat mencari situs dengan kata kunci umum, salah satu hasil utama adalah situs utamanya. Namun, sebenarnya kamu dapat langsung menemukan situs utama dengan mengetiknya langsung di kolom pencarian.

Caranya, kamu cukup mengetik "site: (alamat situs)(keyword)". Dengan cara ini, hasil pencarian akan menampilkan langsung satu topik yang berasal dari situs tertentu.

2. Mengetahui Kondisi Cuaca

Tanpa perlu memasang aplikasi cuaca, kamu sebenarnya dapat langsung mengetahui informasi cuaca di kolom pencarian Google.

Kamu tinggal mengetik keyword "cuaca di (lokasi yang ingin diketahui)". Nantinya, hasil pencarian akan menampilkan kondisi cuaca di wilayah tersebut.

2 dari 3 halaman

Konversi Nilai Mata Uang Hingga Penerjemah

3. Konversi Nilai Mata Uang

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah keyword untuk mengetahui konversi mata uang. Dengan cara ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk membuka situs konversi tertentu.

Gunakan saja keyword "(jumlah uang) (mata uang 1) ke (mata uang 2)". Begitu terbuka, hasil pencarian akan langsung menunjukkan hasil konversi tersebut.

4. Konversi Nilai Ukuran

Mirip dengan konversi mata uang, kamu juga dapat mengetahui nilai ukuran tertentu langsung dari Google Search. Ketik saja "(jumlah ukuran) (ukuran 1) ke (ukuran 2)" dan Google akan langsung menampilkannya.

5. Penerjemah Bahasa

Keyword lain yang tidak kalah menarik adalah menerjemahkan bahasa langsung dari Google Search. Cara penggunaannya pun terbilang sederhana.

Ketikkan keyword "translate (kata) from (bahasa asal) to (bahasa tujuan)" dan hasil terjemahan akan langsung ditampilkan.

3 dari 3 halaman

Tampilkan Zona Waktu dan Hasil Pertandingan

6. Menampilkan Zona Waktu

Penasaran dengan waktu di negara lain, tapi tidak ingin repot memakai aplikasi tertentu. Manfaatkan Google Search untuk mengetahuinya.

Sama seperti kemampuan lain, cukup ketik saja "(waktu) di (negara tujuan)". Secara otomatis, mesin Google Search akan menunjukkan waktu di negara tersebut.

7. Ketahui Hasil Pertandingan Sepakbola

Sering ketinggalan hasil pertandingan sepakbola semalam? Coba kemampuan Google Search untuk menyajikan hasil pertandingan terkini langsung tanpa perlu mengakses situs tertentu.

Masukkan keyword "(klub bola 1) vs (klub bola 2)" di kolom pencarian. Voila, hasil pertandingan semalam pun dapat kamu ketahui dalam waktu singkat.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
5 Manfaat yang Didapat Jika Kamu Puasa Media Sosial
Artikel Selanjutnya
Ingin Ganti Nama Akun Instagram Kamu? Tips Berikut Patut Dicoba