Sukses

iPhone Xs Melenggang 21 September?

Liputan6.com, Jakarta - Apple akan mengumumkan seri iPhone baru pada Rabu (12/9/2018) di Amerika Serikat (AS). Perusahaan memang belum mengumumkan rencana penjualannya, tapi bocoran informasinya sudah beredar.

Dilansir Phone Arena, Rabu (12/9/2018), sebuah perusahaan yang menjadi rekanan untuk pengiriman produk, memberikan bocoran tentang jadwal penjualan iPhone terbaru.

Menurut informasi itu, sebuah operator di Eropa memperingatkan para karyawannya bahwa mereka akan lebih sibuk daripada biasanya pada 21 - 27 September 2018.

Pihak operator itu tidak menyebutkan nama iPhone baru di dalam email internal saat menyampaikan informasi itu. Namun, dari keterangan yang tertulis diyakini bahwa beban kerja tersebut berhubungan dengan Apple.

Apple dilaporkan akan mengumumkan tiga varian iPhone baru pada 12 September 2018. Masing-masing diyakini memiliki nama iPhone Xs, Xs Plus, dan Xc/Xr.

Jika laporan baru ini benar, maka Apple kemungkinan akan menggelar pre-order pada 14 September 2018, hampir sejalan dengan langkah perusahaan pada tahun lalu.

Apple mengumumkan iPhone 8 dan 8 Plus pada 12 September 2017, kemudian pre-order dibuka pada 15 September, lalu pengiriman dan penjualannya dimulai satu pekan setelahnya.

2 dari 3 halaman

iPhone Terbaru Tak Akan Lagi Punya Touch ID?

Lini iPhone 2018 dilaporkan akan hadir dalam tiga model berbeda, dan semuanya tidak akan memiliki fitur Touch ID. Sebagai gantinya, Apple membenamkan teknologi pengenalan wajah Face ID, sehingga ketiganya akan memiliki notch dan desain edge-to-edge seperti iPhone X.

Menurut analis terkemuka, Ming-Chi Kuo, Apple tidak berencana membawa kembali sensor sidik jari tersebut dalam waktu dekat ini. Itu artinya, Touch ID kemungkinan juga tidak akan ada pada lini iPhone 2019.

Sejauh ini, pihak Apple belum memberikan tanggapan soal kehadiran tiga varian iPhone 2018. Tiga smartphone tersebut adalah iPhone Xs, Xs Plus dan satu varian lain dengan harga lebih murah.

Menurut laporan, iPhone Xs dan Xs Plus akan memiliki layar OLED, sama seperti seri iPhone X yang dirilis pada tahun lalu. Varian yang lebih murah akan menggunakan layar LCD.

3 dari 3 halaman

iOS 11 Kini Diadopsi 85 Persen iPhone dan iPad

Apple telah merilis data terbaru tentang adopsi sistem operasi (OS), iOS. Berdasarkan data per 3 September 2018 itu, sebagian besar iPhone dan iPad saat ini menggunakan iOS 11 dengan tingkat adopsi sebesar 85 persen.

iOS 11 merupakan OS mobile yang dirilis oleh Apple pada 2017. Menjelang peluncuran iOS 12, OS tersebut rupanya telah berhasil mendominasi iPhone dan iPad.

Di sisi lain, tingkat adopsi iOS 10 kini sebesar 10 persen dan versi yang lebih lawas 5 persen. Namun, Apple tak mengungkapkan jumlah perangkat iOS yang saat ini ada di tangan konsumen.

Apple sendiri tengah menyiapkan peluncuran iOS 12, yang akan fokus ada peningkatan performa, khususnya bagi perangkat lama. Namun, OS ini juga memberikan polesan untuk sejumlah fitur, seperti Control Center, notifikasi dan tambahan fitur baru, termasuk AR Kit dan gesture seperti iPhone X pada iPad.

Apple akan menggelar acara pengumuman iPhone baru pada 12 September 2018 dan peluncuran iOS 12 untuk perangkat yang kompatibel akan dirilis satu pekan setelahnya. iOS 12 pertama kali diumumkan di Worldwide Developers Conference pada 4 Juni 2018.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
iPhone XR, Smartphone Murah Terbaru Apple?
Artikel Selanjutnya
iPhone 2018 Bakal Hadir dengan Berbagai Balutan Warna