Sukses

Heboh Berita Hoax Mr Bean Meninggal, Ternyata Jebakan Malware

Liputan6.com, Jakarta - Rumor yang menyebut pemeran Mr Bean, Rowan Atkinson meninggal dunia banyak semakin berembus di dunia maya. Apalagi, rumor tersebut disertai sumber tautan berita yang seolah makin meyakinkan.

The Sun dalam laporannya yang Tekno Liputan6.com kutip Kamis (18/7/2018) menyebut, laman berita itu hanyalah hoax semata. Alih-alih menyajikan kebenaran, tautan yang dimaksud malah menipu pengunjungnya untuk mengunduh sebuah virus.

Nyatanya, Rowan Atkinson masih hidup dan sehat. Namun, malware yang tertanam di laman tersebut justru bisa membahayakan komputer korban.

Menurut laman berita bodong itu, Atkinson dikabarkan meninggal dunia karena kecelakaan mobil saat berperan sebagai pemeran pengganti.

Parahnya, laman berita yang menyerupai Fox News itu menampilkan foto Mr Bean dengan tulisan RIP 1955-2017. Laman yang sama juga menyajikan video kematian Atkinson dengan tombol Play di sampingnya.

Hoax Rowan Atkinson meninggal (Foto: The Sun)

Nah, setelah mengetahui bahwa tautan berita yang dimaksud adalah hoax belaka, kini kalau kamu melihat link tersebut di media sosia, jangan pernah mengekliknya.

Berdasarkan situs pembongkar hoax, Hoax Slayer, saat ada pengguna yang mengeklik tautan tersebut, mereka akan diarahkan ke laman palsu yang menyebar malware. Laman tersebut mengklaim komputer telah terkunci dan meminta pengguna untuk menghubungi nomor dukungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Tertipu

Namun, jangan tertipu, sebab menelepon nomor yang tersebut justru merupakan upaya penipuan agar pengguna menyerahkan detail kartu kredit.

Para penipu juga mungkin meminta korban untuk mengunduh software yang memungkinkan mereka untuk membajak komputer, menginstal file jahat, dan ujung-ujungnya mencuri data pribadi korbannya.

Metode ini bukan yang pertama kalinya dilakukan. Sebelumnya, berita palsu yang menyebut Rowan Atkinson meninggal dunia juga berembus di tahun 2016 hingga saat ini.

Berbagai hal diklaim menjadi alasan kematian Atkinson. Misalnya saja bunuh diri hingga meninggal akibat kecelakaan di lokasi syuting.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.