Sukses

Resmi, Yahoo Messenger Tak Bisa Lagi Dipakai

Liputan6.com, Jakarta - Per hari ini, 17 Juli 2018, aplikasi pesan instan Yahoo Messenger tidak bisa lagi digunakan. Ya, Yahoo Messenger yang sempat terkenal selama dua dekade itu memang pernah jadi platform pesan instan favorit jutaan orang.

Sekitar sebulan setengah yang lalu, tepatnya 9 Juni 2018, raksasa internet Yahoo memang telah mengumumkan, tidak akan lagi melanjutkan aplikasi Yahoo Messenger. Namun saat itu pengguna masih diberi kesempatan hingga hari ini atau 17 Juli 2018 untuk memakainya.

Kini, hari yang dijanjikan telah tiba, sehingga Yahoo Messenger resmi mati.

"Yahoo Messenger tidak akan lagi bisa digunakan setelah 17 Juli 2018. Hingga saat itu kamu masih bisa memakainya secara normal. Setelah 17 Juli, kamu tidak akan bisa lagi mengakses obrolan dan layanan juga tidak bisa lagi dipakai," demikian pengumuman Yahoo saat mengumumkan berhentinya dukungan untuk Yahoo Messenger sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Softpedia, Selasa (17/7/2018).

Jadi, saat pengguna mencoba mengakses situs web resmi Yahoo Messenger, kamu bisa melihat layanan tersebut telah dihentikan per 17 Juli 2018.

Yahoo pun menyarankan pengguna YM untuk memakai aplikasi chatting lainnya seperti Facebook Messenger, Viber, Telegram, Line, atau Skype di masa mendatang.

2 dari 3 halaman

Yahoo Beri Waktu 6 Bulan ke Pengguna

Tidak langsung mematikan Yahoo Messenger, Yahoo ternyata juga mengizinkan pengguna untuk mengunduh chat yang pernah mereka kirimkan lewat aplikasi pesan itu.

Belum telat untuk pengguna mengunduh chat tersebut, setidaknya hingga berakhirnya tanggal 17 Juli 2018.

Jika kamu belum berhasil mengunduh histori obrolan YM kamu, chat tersebut belum akan dihapus selama-lamanya. Yahoo memberi waktu enam bulan bagi pengguna untuk mengunduh riwayat obrolan ke PC mereka.

Untuk mengunduh chat tersebut, kamu perlu mengakses downloader request site. Kemudian kamu bisa sign in dengan ID Yahoo kamu, pilih metode verifikasi, kemudian pilih unduh arsip chat. Selanjutnya, pihak Yahoo akan mengirimkan histori tersebut ke alamat email yang dituliskan.

3 dari 3 halaman

Pengganti Yahoo Messenger

Yahoo ternyata belum menyerah dengan layanan pesan instan. Pasalnya menurut laporan Softpedia, Yahoo disebut-sebut tengah mengembangkan aplikasi pesan instan baru yang bernama Yahoo Squirrel.

Yahoo Squirrel dijanjikan bakal memenuhi kebutuhan pengguna internet sekaligus berkompetisi dengan layanan pesan instan lainnya. Hal ini karena Yahoo fokus pada inovasi dan perangkat komunikasi yang menyenangkan.

Yahoo Squirrel diklaim bukan merupakan pengganti Yahoo Messenger. Yahoo Squirrel merupakan kelompok obrolan terorganisasi yang saat ini hanya tersedia secara beta dan khusus untuk orang-orang yang di-invite, yakni sejumlah pengguna iOS dan Google.

Sayangnya, tidak disebutkan oleh Yahoo, kapan aplikasi obrolan Yahoo Squirrel tersedia untuk semua pengguna.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Perjalanan 20 Tahun Yahoo Messenger yang Tinggal Kenangan
Artikel Selanjutnya
Selamat Tinggal Yahoo Messenger!