Sukses

Gandeng Ronaldo, Facebook Siapkan Konten Reality Show Orisinal

Facebook disebut tengah melakukan pembicaraan dengan Ronaldo untuk merilis konten video khusus platform Facebook Watch. (belum)

Liputan6.com, Jakarta - Pesona Cristiano Ronaldo sebagai seorang pesepakbola tak dimungkiri berhasil menyihir banyak orang. Selain andal di lapangan hijau, sosoknya sebagai pribadi juga kerap menuai respon positif.

Karenanya, tak heran banyak pihak yang ingin bekerja sama dengan pria asal Portugal tersebut. Salah satunya adalah Facebook, yang menurut Variety, berencana menggandeng Ronaldo untuk membuat konten orisinal.

Dikutip dari Engadget, Minggu (8/7/2018), konten orisinal ini berupa reality show dengan 13 episode. Meski tak banyak informasi yang diungkap, Facebook dilaporkan sudah menawarkan kerja sama senilai hingga US$ 10 juta (Rp 143 miliar) untuk pemain Real Madrid itu.

Kendati demikian, sumber lain menyebut pembicaraan antara Facebook dan Ronaldo untuk pembuatan konten orisinal ini masih belum final. Adapun konten ini nantinya akan diproduksi oleh Matador Content dan firma media Religion of Sports.

Selain membuat konten reality show, Ronaldo sebelumnya juga disebut akan berpartisipasi dalam serial drama yang ditujukan untuk Facebook Watch. Drama itu berkisah mengenai tim sepak bola wanita di New York.

Sekadar informasi, ini bukan kali pertama Facebook merilis konten serupa untuk platform Facebook Watch. Sebelumnya, raksasa media sosial itu membuat reality show berjudul LaVar Ball yang bertahan hingga tiga musim.

Kesuksesan serial itu yang disebut membuat Facebook berani untuk membuat konten serupa.

Terlebih, dengan nama besar Ronaldo, Facebook tentu bertahap menjaring penonton yang lebih luas, mengingat media sosial belum populer dijadikan sebagai platform konten streaming.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Facebook Hadirkan Watch Tab, Platform Video untuk Pembuat Konten

Sekadar informasi, Facebook kini memiliki platform baru untuk mengunggah konten video original yang diproduksi oleh partner mereka.

Dengan mengunggah video ke platform ini para partner Facebook mendapatkan keuntungan 55 persen dari iklan, sementara pihak Facebook mengantongi 45 persen dari iklan.

Platform bernama "Watch tab" ini telah dirilis di sejumlah user di Amerika Serikat di platform mobile, desktop, dan aplikasi Facebook TV.

Kehadiran platform ini disebut menjadi cara Facebook untuk meningkatkan pendapatan iklan termasuk membuat orang lebih betah berlama-lama di Facebook, karena konten-konten dari para rekanan tak diunggah di tempat lain.

Mengutip laman Tech Crunch, Rabu (7/3/2018), tab Watch bisa memberikan rekomendasi tayangan langsung atau tayangan ulang untuk ditonton kembali.

Tab Watch juga menghadirkan kategori seperti "yang paling banyak dibicarakan", "yang membuat orang tertawa", serta "tayangan yang disaksikan oleh teman lainnya".

Nantinya, pembuat konten juga bisa membagikan tayangan mereka ke News Feed untuk memudahkan orang menemukannya. Tidak hanya itu, salah satu fitur bernama Watchlist memungkinkan pengguna untuk berlangganan episode terbaru dari tayangan favorit mereka.

Para fans juga bisa terhubung satu sama lain, termasuk dengan pembuat konten melalui sebuah fitur yang menghubungkan tayangan ke grup.

Sejauh ini Facebook juga punya rencana untuk menghadirkan platfom ini ke lebih banyak pengguna dan pembuat konten. Bermula di seluruh Amerika Serikat, kemudian di seluruh dunia.

Pengguna yang punya akses ke Watch tab bakal melihat tombol berbentuk TV di bar navigasi paling bawah pada aplikasi Facebook mereka. Facebook mengakui, saat ini baru ada sedikit tayangan di sana.

"Kami ingin lebih banyak pembuat konten dan publisher yang menayangkan show mereka di platform ini," kata seorang juru bicara Facebook. Karenanya, raksasa media sosial itu berencana untuk terus meningkatkan jumlah konten di platform Watch.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.